PELAKSANAAN METODE PEMBELAJARAN BRAINSTORMING PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS X IPS 3 SMA N 1 PANTAI CERMIN

Widya Natania, Ranti Nazmi, Juliandry Kurniawan Junaidi

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya keaktifan dan partisipasi peserta didik dalam mengikuti kegiatan proses belajar sehingga peserta didik merasa jenuh pada saat pembelajaran sejarah.Tujuan penelitian untuk Mendeskripsikan Pelaksanaan Metode Pembelajaran Brainstorming Pada Mata Pelajaran Sejarah Di Kelas X IPS SMA N 1 Pantai Cermin.Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif deskriptifkarena kegiatan dalam penelitian yaitu menggambarkan dan menginterpretasikan keadaan dalam pelaksanaannya.Hasil penelitian ditemukan bahwa:1) Pembagian materi sudah dapat terlaksana. Pelaksanaan diskusi antar kelompok berjalan dengan baik. Kendalanya yaitu kegiatan diskusi hanya sebagian dari peserta didik yang ikut berpartisipasi dalam memahami materi dan berdiskusi.2) Pelaksanaan pembegian kelompok dalam pembelajaran sudah terlaksana. Kendalanya yaitu terdapat kelompok yang memiliki jumlah anggota 8 orang, yang secara idealnya setiap kelompok terdiri dari 9 orang. 3) Kendala guru yaitu keterbatasan waktu dalam pelaksanaan metode Brainstorming yang diterapkan.


Keywords


Brainstorming, Sejarah, Pantai Cermin

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/ph.v7i2.37733

Article Metrics

Abstract view : 128 times
PDF - 82 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.