PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN INFOGRAFIS BERBASIS CANVA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMAN SELANGIT

Authors

  • Selah Seven Universitas PGRI Silampari
  • Yadri Irwansyah Universitas PGRI Silampari
  • Ira Miyarni Universitas PGRI Silampari

DOI:

https://doi.org/10.24114/ph.v10i2.66542

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketuntasan hasil belajar sejarah siswa kelas X SMA Negeri selangit setelah diterapkan media pembelajaran infografis berbasis canva. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif, dengan jenis penelitian eksperimen. Desain penelitian ini berbentun one group pretest-postest design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh kelas X tahun ajaran 2025/2026 dengan jumlah siswa 125. Sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah kelas X.2. Teknik penhumpulan data yang digunakan adalah teknik tes. Jenis instrumen penelitian yang akan digunakan adalah soal yang berbentuk pilihan ganda berjumlah 40 soal. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik kuantitatif menggunakan uji t hasil penelitian ini menunjukan bahwa nilai postest 90,3% atau sebanyak 28 siswa dan diuji hipotesisnya yaitu thitung (7,98)>ttabel Dapat disimpulkan bahwa penerapan media pembelajaran infografis berbasis canva terhadap hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri selangit Signifikan berada pada kategori baik atau Signifikan tuntas. Kata kunci: Penerapan, Hasil belajar, infografis berbasis canva

Downloads

Published

2025-07-20