PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN INFOGRAFIS BERBASIS CANVA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMAN SELANGIT
DOI:
https://doi.org/10.24114/ph.v10i2.66542Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketuntasan hasil belajar sejarah siswa kelas X SMA Negeri selangit setelah diterapkan media pembelajaran infografis berbasis canva. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif, dengan jenis penelitian eksperimen. Desain penelitian ini berbentun one group pretest-postest design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh kelas X tahun ajaran 2025/2026 dengan jumlah siswa 125. Sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah kelas X.2. Teknik penhumpulan data yang digunakan adalah teknik tes. Jenis instrumen penelitian yang akan digunakan adalah soal yang berbentuk pilihan ganda berjumlah 40 soal. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik kuantitatif menggunakan uji t hasil penelitian ini menunjukan bahwa nilai postest 90,3% atau sebanyak 28 siswa dan diuji hipotesisnya yaitu thitung (7,98)>ttabel Dapat disimpulkan bahwa penerapan media pembelajaran infografis berbasis canva terhadap hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri selangit Signifikan berada pada kategori baik atau Signifikan tuntas. Kata kunci: Penerapan, Hasil belajar, infografis berbasis canvaDownloads
Published
2025-07-20
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2025 Selah Seven

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Puteri Hijau: Jurnal Pendidikan Sejarah oleh Abdul Haris Nasution disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.