PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO TERHADAP MINAT BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS XI SMAN SELANGIT
DOI:
https://doi.org/10.24114/ph.v10i2.68243Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan media pembelajaran video terhadap minat belajar siswa kelas XI SMA Negeri Selangit. Adapun latar belakang penelitian ini adalah penggunaan media pembelajaran video yang jarang digunakan dalam pembelajaran. Kurangnya minat belajar siswa yang dipengaruhi oleh proses pembelajaran yang dianggap membosankan atau kurang bervariasi. Serta kurangnya motivasi belajar dalam proses pembelajaran yang mengakibatkan kurangnya pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran sehingga hasil belajar mengalami penurunan. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen dengan Populasi penelitian adalah 106 siswa dan sampel dalam penelitian ini adalah 50 siswa, yang terdiri dari 4 kelas di SMA Negeri Selangit. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji Shapiro-Wilk dengan menggunakan aplikasi SPSS IBM 20. Adapun hasil analisis dari data paired samples test yang mana nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,497 yang artinya lebih dari 0,05 sehingga tidak terdapat perlakuan yang bermakna terhadapat perbedaan perlakuan terhadapat masing-masing variabel. Maka tidak terdapat pengaruh dari perlakuan dari media yang digunakan. Hal ini dapat dari nilai min 62.0120 – 63.5600 pada tabel paired samples statistics yang hasilnya adalah -1.54800. Berdasarkan tabel di atas, diperoleh nilai singnifikan atau Sig. (2-tailed) sebesar 0,497, nilai tersebut lebih besar dari pada 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat penggaruh antara penggunaan media pembelajaran video terhadap minat belajar kelas XI SMA Negeri Selangit.Downloads
Published
2025-07-31
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2025 Tina Agustina

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Puteri Hijau: Jurnal Pendidikan Sejarah oleh Abdul Haris Nasution disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.