MEDIA MIKO (MAPS ISLAMIC KINGDOM) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK
DOI:
https://doi.org/10.24114/ph.v10i2.68403Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya variasi dalam penggunaan media pembelajaran oleh guru di dalma proses pembelajaran sejarah. Salah satu inovasi dalam media pembelajaran adalah peta yang berbasis permainan monopoli. Dengan penggunaan media pembelajaran yang berbasis permainan dapat membuat peserta didik menjadi lebih aktif dalam pembelajaran sehingga dapat membangun pemahaman konseptual yang lebih dalam. Tujuan dari penulisan artikel ini untuk mengetahui pengaruh media MIKO (Maps Islamic Kingdom) dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas X 6 MAN 1 Kota Bengkulu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu quasi eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Desain yang digunakan adalah one group pretest dan posttest. Hasil analisis menunjukkan bahwa guru maupun peserta didik membutuhkan media pembelajaran yang yang dapat membuat peserta didik terlibat secara aktif dalam pembelajaran sehingga mampu membangun pemahaman konseptual yang lebih mendalam mengenai materi Kerajaan Islam di Nusantara. Penggunaan media MIKO dalam pembelajaran dapat meningkatkan pengetahuan dan pemahaman peserta didik sehingga hasil belajar akan meningkat.Downloads
Published
2025-07-31
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2025 Shaffiyah Salsabila

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Puteri Hijau: Jurnal Pendidikan Sejarah oleh Abdul Haris Nasution disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.