2. Penerapan Peer Teaching Pada Pelajaran IPS Materi Ekonomi Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VII 1 Smp Negeri 1 Pasar Baru Kabupaten Simalungun Tahun 2017/2018.

Baginda Halim Simatupang

Abstract


Model Peer Teaching merupakan pendekatan pembelajaran di mana siswa mengajarkan sesama teman, yaitu suatu metode mengajar yang dibantu oleh temannya sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan penerapan model Peer Teaching pada pembelajaran IPS dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar IPS siswa kelas VII 1 SMP Negeri 1 Pasar Baru Kabupaten Simalungun Tahun 2017/2018. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan berdasarkan hasil tes, kemampuan berpikir kritis yang diperoleh siswa pada siklus I dengan nilai rata-rata sebesar 73,40 dan ketuntasan klasikal 64%, siklus II dengan nilai rata-rata sebesar 77,20 dan ketuntasan klasikal 80%, dan siklus III dengan nilai rata-rata sebesar 80,60 dan ketuntasan klasikal 88%. Sedangkan hasil belajar yang diperoleh siswa pada siklus I dengan nilai rata-rata sebesar 73,20 dan ketuntasan klasikal sebesar 68%, siklus II dengan nilai rata-rata sebesar 76,60 dan ketuntasan klasikal sebesar 76%, siklus III dengan nilai rata-rata sebesar 80,20 dengan pencapaian ketuntasan sebesar 84%. Penerapan model Peer Teaching dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa.
Kata kunci: model peer teaching, kemampuan berpikir kritis, hasil belajar siswa.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/ph.v2i1.9083

Article Metrics

Abstract view : 282 times
PDF - 382 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.