PENERAPAN STRATEGI PREVIEW,QUESTION, READ, REFLECT RECITE DAN REVIEW (PQ4R) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa pada Mata Kuliah Desain Pembelajaran Sejarah melalui strategi Preview, Question, Read, Reflect, recite, Review (PQ4R) di prodi Pendidikan Sejarah kelas Non Reg yang berjumlah 30 mahasiswa. Penelitian ini akan dilaksanakan selama enam bulan, dari bulan Mei sampai bulan oktober 2016. Metode yang digunakan adalah Action Research (Penelitian Tindakan) dengan model dari Kurt Lewin. Penelitian dilakukan dalam bentuk siklus. Masing-masing siklus terdiri dari empat tahapan yakni perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Peneliti bertindak sebagai pengamat, dan kolaborator adalah seorang anggota KDBK. Pada penelitian ini, akan menerapkan strategi PQ4R dalam kegiatan perkuliahan yang digunakan pada siklus penelitian. Berdasarkan observasi awal, ada keterbatasan mahasiswa memiliki keterampilan membaca menyebabkan hasil belajar mahasiswa kurang maksimal. Semoga dengan menerapkan strategi PQ4R dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah stategi belajar mengajar karena dapat mengaktifkan mahasiswa dengan menemukan atau menerapkan ide-ide mahasiswa sendiri.
Kata kunci: Action Research, PQ4R, Desain Pembelajaran Sejarah
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/ph.v2i1.9084
Article Metrics
Abstract view : 231 timesPDF - 282 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.