PENGARUH MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH DI SMA DI KOTA MADIUN

Arfan Diansyah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh penggunaan model Contextual Teaching and Learning (CTL) dan motivasi terhadap kemampuan berpikir kritis dalam pembelajaran sejarah di SMA Madiun. Metode Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan disain faktorial 2x2. Populasi pada penelitian ini adalah peserta didik SMA negeri di kota Madiun dengan sampel penelitian adalah peserta didik kelas XI IS SMA Negeri 3 sebagai kelas eksperimen dan peserta didik kelas XI IS SMA Negeri 2 sebagai kelas kontrol tahun pelajaran 2013/2014. Jumlah sampel terdiri dari 30 peserta didik kelas eksperimen dan 30 peserta didik kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan teknik sampling multi stage random sampling. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan akngket (kuesioner) untuk variabel motivasi belajar dan test objektif untuk variabel kemampuan berpikir kritis. Uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji Anova dua jalan (statistik parametrik). Hasil penelitian menunjukan bahwa : (1) Ada pengaruh model CTL terhadap kemampuan berpikir kritis dalam pembelajaran sejarah di SMA negeri di kota Madiun. (2) Ada pengaruh motivasi belajar terhadap kemampuan berpikir kritis dalam pembelajaran sejarah di SMA Negeri di kota Madiun. (3) tidak ada interaksi pengaruh antara model CTL dan motivasi belajar terhadap kemampuan berpikir kritis dalam pembelajaran sejarah di SMA Negeri di kota Madiun.

Kata Kunci : Belajar dan Pembelajaran Sejarah, Model Pembelajaran CTL, Motivasi Belajar, Kemampuan Berpikir Kritis.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/ph.v2i2.9088

Article Metrics

Abstract view : 21 times
PDF - 106 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.