INDONESIAN FAMILY ECONOMIC PRODUCT BRAND COMPETITION

Dewi Pane, Miftah El Fikri

Abstract


This research was conducted to determine how the influence of Brand Image (X1), Product Quality (X2), Promotion (X3), and Price (X4) on Purchase Decision (Y) of the BuKrim brand detergent product. The population in this research did not know with certainty, but the number of samples used was 97 respondents who were calculated by the Zikmund formula. The sampling technique used was accidental sampling. The research was conducted in Medan City. The research was conducted in 2020. This research used quantitative data processed with the SPSS version 24.0 application with multiple linear regression models. The data source used was the primary data taken directly from respondents. The results showed that brand image, product quality, promotion, and price had a positive and significant effect both partially and simultaneously on purchasing decisions for BuKrim brand detergent products. The product quality variable was the most dominant variable in influencing purchasing decisions. Brand image, product quality, promotion, and price contributed 86.9% in the formation of purchasing decisions. Brand image, product quality, promotion, and price had a very strong relationship to purchasing decisions.


Full Text:

PDF

References


Aaker, A. D. (2014). Manajemen Ekuitas Merek. Alih bahasa oleh Aris Ananda. Jakarta: Mitra Utama.

Alma. B. H, (2012). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. CV Alfabeta:Bandung

Assauri, S. (2015). Manajemen Pemasaran Dasar Konsep dan Strategi. Jakarta:Rajawali.

Engel, J. F. (2016). Perilaku Konsumen. Jakarta: Binarupa Aksara.

Ghozali, I.(2015).Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 19(edisi kelima). Semarang: Universitas Diponegoro.

Keller, K. L. (2013). Strategic Brand Management (4th Fourth Edition). New Jersey: Pearson Prentice Hall, Inc.

Kotler, P. (2015). Manajemen Pemasaran: Analisis, Perencanaan, Implementasidan Kontrol, Edisi 15, Jilid 2. New Jersey: Prentice–Hall, inc.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2012). Prinsip-Prinsip Pemasaran Edisi 13.

Jakarta: Erlangga

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga. Laksana, F, (2015). Manajemen Pemasaran Pendekatan Praktis, Graha Ilmu,Yogyakarta.

Lamb, H. M. (2015). Pemasaran. Buku -1. PT. Salemba Emban Raya, Jakarta.

Manullang, M., Pakpahan, M. (2014). Metode Penelitian: Proses Penelitian Praktis. Bandung: Cipta Pustaka Media.

Peter, J. P., & Oslo, J. C. (2014). Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran Edisi Sembilan. Bandung: Salemba empat.

Prasetijo, R. (2015). Perilaku Konsumen. Yogyakarta: Andi.

Priansa, D. J.. (2017). Perilaku Konsumen dalam Bisnis Kontemporer. Bandung: Alfabeta.

Rusiadi,. Nur Subiantoro., N. & Hidayat, R. (2016). Metode Penelitian, Manajemen Akuntasi dan Ekonomi Pembangunan, Konsep, Kasus dan Aplikasi SPSS, Eviews, Amos, Lisrel. Medan: USU Press.

Setiadi, N. J. (2013). Perilaku Konsumen: Konsep dan Implikasi Untuk Strategidan Penelitian Bisnis Pemasaran. Jakarta: Prenada Media.

Shimp, T. A. (2014). Advertising Promotion and Other Aspects of integrated marketing Communication 8th Edition. Canada; Nelson Education, Ltd

Sugiyono.(2016). Metode Penelitian Manajemen. Bandung: Alfabeta. Sujarweni, W.(2016). Kupas Tuntas Penelitian Akuntansi dengan SPSS. Yogyakarta. Pustaka Baru Press.

Tjiptono, F.. (2015). Strategi Pemasaran: Edisi 3. Yogyakarta: Andi Offset

Ansah, A. (2017). Pengaruh Desain Produk, Promosi, Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian. Amwaluna, Vol. 1 No.2 (Juli, 2017), Hal178-189 EISSN: 2540-8402 ǀ ISSN:

-8399.

Fitriani, E. (2017). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Wardah Pada Mahasiswi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Halu Oleo. Skripsi; Program Studi Manajemen Fakultas Tekonomi dan Bisnis

Universitas Halu Oleo Kendari.

Gifani, A., dan Syahputra. (2017). Pengaruh Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk Smartphone Oppo Pada Mahasiswa Universitas Telkom. Bisnis dan Iptek Vol.10, No. 2, Oktober 2017, 81-94 ISSN: 2502-1559

Musa, M. I. (2017). Pengaruh Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Samsung Pada Mahasiswa Universitas Negeri Makassar. Jurnal Economix Volume 5 Nomor 1 Juni 2017

Prasetiyo, B., dan Y. Rismawati. (2018). Pengaruh Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Pembelian Pada PT Harjagunatama Lestari (Toserba Borma) Cabang Dakota. Jurnal Ilmiah Manajemen Ekonomi danAkuntansi VOL. 2 NO. 2 JANUARI - JUNI 2018 e-ISSN:

-5306 VOL. III NO. 1 JANUARI - JUNI 2018 p-ISSN: 2541-5255

Putri, A.H.P., Waluyo, H.D., dan Ngatno. (2017). Pengaruh Kualitas Produk, Promosi Dan Layanan Purna Jual Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Honda Jazz (Studi Kasus pada Honda Semarang Center Semarang).Jurusan Ilmu Administrasi Bisnis Universitas

Diponegoro.

Rizal, F., Adam, M., Mahdani. (2017). Pengaruh Harga, Desain Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Serta Dampaknya Pada Kepuasan Pasca Pembelian Perumahan Di Kota Banda Aceh. Jurnal Manajemen dan Inovasi Vol. 8, No. 3, Oktober 2017: 76- 87

Samosir, C. B. H., dan A. B. Prayoga. (2015). Pengaruh Persepsi Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Produk Enervon-C. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis Volume 1, Nomor 3, November 2015

Setiawati, E. (2017). Pengaruh Harga Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Televisi Samsung Di Perumahan Villa Grand Tomang Tangerang. Prosiding Seminar Nasional Multi Disiplin Ilmu & Call For Papers Unisbank: ISBN: 978-979-3649-81-8

Virawan, W. A. (2013). Pengaruh Harga, Kualitas Produk Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta Pengguna Helm Merek INK). Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta




DOI: https://doi.org/10.24114/qej.v12i1.45464

Article Metrics

Abstract view : 89 times
PDF - 42 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

slot gacor slot