Perbedaan Hasil Belajar Siswa Sekolah Menengah Kejuruan yang Menggunakan Model Problem Based Learning dengan Discovery Learning
Abstract
Pembelajaran merupakan proses belajar mengajar yang komplek sehingga diperlukan pemilihan model, strategi, dan teknik pembelajaran yang tepat. Hasil belajar merupakan cerminan dari proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa menggunakan model problem based learning dengan discovery learning pada mata pelajaran Pekerjaan Dasar Teknik Otomotif di SMKS Prayatna 2 Medan. Jenis penelitian ini adalah eksperimen kuasi dengan pendekatan Kuantitatif. Rancangan penelitian menggunakan the matching only pretest-postest control group design. Pengumpulan data mengunakan teknik tes. Teknik analisis data terdiri dari uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa menggunakan model problem based learning dengan discovery learning pada mata pelajaran Pekerjaan Dasar Teknik Otomotif di SMKS Prayatna 2 Medan. Siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran problem based learning nilainya lebih tinggi daripada siswa yang diajar menggunakan model discovery learning.
Full Text:
PDFReferences
Ariyanto, L. & Santoso, L. (2017). Pengaruh Pembelajaran Problem Based Learning Dan Discovery Learning Terhadap Mathematical Problem Posing Siswa Smk Kelas XI. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Vol, 2(1), 27-35.
Buana, F.S., & Anugraheni, I. (2020). Perbedaan Discovery Learning dengan Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah pada Pembelajaran IPS Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 7(1), 79-90.
Dimyati dan Mudjiono. (2015). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Hamdayama, J. (2016). Metodologi Pengajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Hanafiah, N dan Suhana, C. (2009). Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung : PT Refika Aditama
Nafiah, Y. N., & Suyanto, W. (2014). Penerapan Model Problem-Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Vokasi, 4(1).
Sanjaya, W. (2006). Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Sastradimuhtar, R., Sulaeman, Algifari, M.M. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Perbaikan Panel Bodi. Journal of Mechanical Engineering Education, Vol, 6(2), 275-281.
Siregar, Y.I., & Listiadi, A. (2015). Studi Komparasi Hasil Belajar Siswa yang Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan Discovery Learning pada Mata Pelajaran Akuntansi di SMK Negeri 2 Nganjuk. Jurnal Pendidikan Akutansi, 3(3), 1-6.
Sondari, T. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMK Negeri 1 Cianjur. Simpul Juara, 1(1), 36-45.
Sudjana, N. (2009). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Trilling & Fadel. (2009). 21st century skills: learning for life in our times. Jossey Bass: USA.
DOI: https://doi.org/10.24114/roda.v1i1.23275
Article Metrics
Abstract view : 204 timesPDF - 123 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.