Perbedaan Hasil Belajar Siswa Sekolah Menengah Kejuruan yang Menggunakan Model Problem Based Learning dengan Discovery Learning

dwiki muda yulanto

Abstract


Pembelajaran merupakan proses belajar mengajar yang komplek sehingga diperlukan pemilihan model, strategi, dan teknik pembelajaran yang tepat. Hasil belajar merupakan cerminan dari proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa menggunakan model problem based learning dengan discovery learning pada mata pelajaran Pekerjaan Dasar Teknik Otomotif di  SMKS Prayatna 2 Medan. Jenis penelitian ini adalah eksperimen kuasi dengan pendekatan Kuantitatif. Rancangan penelitian menggunakan the matching only pretest-postest control group design. Pengumpulan data mengunakan teknik tes. Teknik analisis data terdiri dari uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa menggunakan model problem based learning dengan discovery learning pada mata pelajaran Pekerjaan Dasar Teknik Otomotif di  SMKS Prayatna 2 Medan. Siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran  problem based learning nilainya lebih tinggi daripada siswa yang diajar menggunakan model discovery learning.


Full Text:

PDF

References


Ariyanto, L. & Santoso, L. (2017). Pengaruh Pembelajaran Problem Based Learning Dan Discovery Learning Terhadap Mathematical Problem Posing Siswa Smk Kelas XI. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Vol, 2(1), 27-35.

Buana, F.S., & Anugraheni, I. (2020). Perbedaan Discovery Learning dengan Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah pada Pembelajaran IPS Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 7(1), 79-90.

Dimyati dan Mudjiono. (2015). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamdayama, J. (2016). Metodologi Pengajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Hanafiah, N dan Suhana, C. (2009). Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung : PT Refika Aditama

Nafiah, Y. N., & Suyanto, W. (2014). Penerapan Model Problem-Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Vokasi, 4(1).

Sanjaya, W. (2006). Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sastradimuhtar, R., Sulaeman, Algifari, M.M. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Perbaikan Panel Bodi. Journal of Mechanical Engineering Education, Vol, 6(2), 275-281.

Siregar, Y.I., & Listiadi, A. (2015). Studi Komparasi Hasil Belajar Siswa yang Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan Discovery Learning pada Mata Pelajaran Akuntansi di SMK Negeri 2 Nganjuk. Jurnal Pendidikan Akutansi, 3(3), 1-6.

Sondari, T. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMK Negeri 1 Cianjur. Simpul Juara, 1(1), 36-45.

Sudjana, N. (2009). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Trilling & Fadel. (2009). 21st century skills: learning for life in our times. Jossey Bass: USA.




DOI: https://doi.org/10.24114/roda.v1i1.23275

Article Metrics

Abstract view : 164 times
PDF - 86 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.