Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Pemeliharaan Kelistrikan Kendaraan Ringan
Abstract
Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran pemeliharaan kelistrikan kendaraan ringan pada siswa kelas XI teknik kendaraan ringan dengan menerapkan model pembelajaran discovery learning. Metode penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan model spiral dari Kemmis – Mc Taggart. Penelitian dimulai dengan tahap rencana (planning), tindakan (acting), pengamatan (observing), dan refleksi (reflecting). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI TKR SMK Negeri 5 Medan yang berjumlah 23 siswa. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, diperolah hasil berupa ketuntasan belajar siswa secara klasikal pada siklus I sebesar 63,04% dengan persentase aktivitas siswa dengan kategori sangat aktif sebesar 4,3%, kategori aktif sebesar 65,3%, kategori kurang aktif sebesar 30,4% dan kategori tidak aktif sebesar 0%. Hal ini menunjukkan bahwa pada siklus I ketercapaian ketuntasan belajar siswa secara klasikal belum tercapai, sehingga penelitian di lanjutkan pada siklus II. Pada siklus II diperoleh hasil berupa ketuntasan belajar siswa secara klasikal siswa sebesar 82, 60% dengan persentase aktivitas siswa dengan kategori sangat aktif sebesar 56,5%, kategori aktif sebesar 43,5%, kategori kurang aktif sebesar 0% dan kategori tidak aktif sebesar 0%, sehingga dapat disimpulkan bahwa aktivitas belajar siswa pada siklus II sebesar 100%. Dengan demikian, hal ini menunjukkan bahwa penelitian ini telah berhasil dilaksanakan, sehingga penelitian tidak dilanjutkan pada siklus berikutnya dikarenakan sesuai dengan indikator keberhasilan penelitian ini yang menyatakan bahwa penelitian dianggap berhasil apabila aktivitas belajar siswa telah aktif dengan persentase sebesar ≥ 90% dan ketuntasan belajar siswa secara klasikal telah mencapai ≥ 80% dengan perolehan nilai ≥ 75 sesuai dengan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM).
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi, 2006 Prosedur penelitian. Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta
Belajar, T. H. (2000). Kajian Teori Hasil Belajar, 12–36.
Cintia, N. I., F, K., & I, A. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kreatif dan Hasil Belajar Siswa, 32(1), 69–77.
Darmayanti, Mela. (2012). Penerapan Model Cooperative Learning Tipe Numbered Heads Together (NHT) Untuk Meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). FIP UPI Bandung, Skripsi.
Dalyono, M. (2005). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Hamalik, O, (2013). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Erlangga.
Hosnan, M. 2014. Pendekatan Saaintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor. Ghalia Indonesia
Irawan, R. C. (2017). Implementasi model pembelajaran discovery learning guna meningkatkan keaktifan belajar dan minat baca siswa kelas x teknik kendaraan ringan smk negeri 1 sedayu tugas akhir skripsi.
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. (2013). Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan tentang Model Pembelajaran Penemuan (Discovery Learning). Jakarta: Kementrian Pendidikan Nasional.
Kunandar, (2014). Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013). Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Model Discovery Learning. (2013). Model Discovery Learning, 11–50.
Model Pembelajaran, D. learning dan P. (2011). Model Pembelajaran, Discovery learning dan Penerapannya, 1–31.
Nasional, U. (2003). Undang-undang sistem pendidikan nasional, 1–38.
Purwanto, A., & Rabiman. (2018). Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Sistem Kelistrikan Kendaraan Ringan dengan Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning, 6, 108–119.
Putri, I. S., Juliani, R., & Lestari, I. N. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa dan Aktivitas Siswa, 6(2), 91–94.
Syah, M. 2004. Psikologi Pendidikan Suatu Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya
Teori Hasil Belajar. (2009). Hasil Belajar, 12–42.
Tjalla, A. (2005). Potret Mutu Pendidikan Indonesia Ditinjau Dari Hasil Studi Internasional, (3), 1–22.
Wulandari, Y. I., & Totalia, S. A. (2015). Implementasi Model Discovery Learning Dengan Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis dan HAsil Belajar Siswa Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IIS I SMA Negeri 6 Surakarta Tahun Pelajaran 2014/2015, 2015, 1–21.
Yuliana, N. (2018). Penggunaan Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa Di Sekolah Dasar, 2(April), 21–28.
DOI: https://doi.org/10.24114/roda.v1i1.23394
Article Metrics
Abstract view : 473 timesPDF - 231 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.