Pengembangan Media Pembelajaran Pemeliharaan Sasis Dan Pemindah Tenaga Berbasis Adobe Flash Di SMK Negeri 2 Medan

didik rohmantoro, Sahata Pardomuan Simanjuntak, Selamat Riadi

Abstract


Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk (1) mengetahui penilaian ahli materi dan ahli media terhadap media pembelajaran, dan (2) mengetahui kelayakan media pembelajaran berdasarkan penilaian ahli materi, media dan hasil belajar siswa. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development). Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 2 Medan dengan metode pengumpulan data menggunakan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa  (1) Hasil penilaian ahli materi pada aspek tujuan pembelajaran mendapat rerata skor 4,33 dengan kategori Sangat Layak, aspek materi mendapat rerata skor 4,25 dengan kategori Sangat Layak, aspek konten materi mendapat rerata skor 4,26 dengan kategori Sangat Layak, dan aspek self evaluation mendapat rerata skor 4,16 dengan kategori Sangat Layak. Hasil penilaian ahli media pada aspek manfaat media mendapat rerata skor 3,83 dengan kategori Sangat Layak, aspek desain media mendapat rerata skor 3,76 dengan kategori Sangat Layak, dan aspek navigasi/pengoperasian media mendapat rerata skor 3,9 dengan kategori Sangat Layak. (2) Hasil uji coba terhadap siswa dengan pre tes dan post tes untuk hasil belajar mendapat presentase dari 15,15% menjadi 75,75% siswa yang nilai hasil belajar diatas KKM. Kelayakan media pembelajaran berdasarkan ahli materi adalah 4,25 dengan kategori Sangat Layak, ahli media adalah 3,83 dengan kategori Sangat Layak. Dengan demikian, media pembelajaran berbasis Adobe Flash layak digunakan sebagai media pembelajaran untuk kelas XI TKR 2.

Full Text:

PDF

References


Adianto, J., & Fedryansyah, M. (2018). Peningkatan Kualitas Tenaga Kerja Dalam Menghadapi Asean Economy Community. Focus : Jurnal Pekerjaan Sosial, 1(2). https://doi.org/10.24198/focus.v1i2.18261

Dewi, S. Z., & Hilman, I. (2019). Penggunaan TIK sebagai Sumber dan Media Pembelajaran Inovatif di Sekolah Dasar. Indonesian Journal of Primary Education, 2(2). https://doi.org/10.17509/ijpe.v2i2.15100

Faqih, M. (2021). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Mobile Learning Berbasis Android Dalam Pembelajaran Puisi. Konfiks Jurnal Bahasa Dan Sastra Indonesia, 7(2). https://doi.org/10.26618/konfiks.v7i2.4556

Gede, L., Wahyuni, E., Diah, L., Adnyani, S., Putu, N., & Pratiwi, A. (2020). Media Pembelajaran Digital Berbantuan Studio Camtasia. Senadimas Undiksha 2020.

Istiqomah, I., Agustito, D., Sulistyowati, F., Yuliani, R., & Irsyad, M. (2021). Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Sparkol Videoscribe untuk Meningkatkan Kemampuan 3N (Niteni, Nirokke, Nambahi). Community Empowerment, 6(3). https://doi.org/10.31603/ce.4425

Marbun, G., & Saragih, A. E. (2018). Pengaruh Intellectual capital Terhadap Kinerja Perusahaan Pada Perusahaan Perbankan Yang Terdaftar di BEI. Encyclopedia of Knowledge Management, 4(1).

Safitri, M., & Koeswanti, H. D. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran “KELAS BANGTAR” untuk Meningkatkan Hasil BelajarMatematika Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2). https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.580

Sapitri, R., & Adri, M. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Administrasi Sistem Jaringan Berbasis Android. Voteteknika (Vocational Teknik Elektronika Dan Informatika), 9(1). https://doi.org/10.24036/voteteknika.v9i1.111382

Supriyadi. (2016). Adobe Flash Untuk Mendukung Pembelajaran. Stmik Nusa Mandiri Jakarta, VII(September), 38–42. http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/jkom/article/view/1490

Susilo, S. V. (2020). Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 6(2). https://doi.org/10.31949/jcp.v6i2.2100

Sutirman, S. (2015). Aplikasi Teknologi Informasi dalam Pendidikan. EFISIENSI - KAJIAN ILMU ADMINISTRASI, 3(2). https://doi.org/10.21831/efisiensi.v3i2.3800

Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2). https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113

Windawati, R., & Koeswanti, H. D. (2021). Pengembangan Game Edukasi Berbasis Android untuk Meningkatkan hassil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2). https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.835




DOI: https://doi.org/10.24114/roda.v1i2.27407

Article Metrics

Abstract view : 263 times
PDF - 262 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.