Pengembangan E-Modul Interaktif Dasar-Dasar Otomotif Berbasis Project Based Learning Di SMK Negeri 2 Medan
Abstract
Pengembangan media pembelajaran sangat dituntut dalam dunia pendidikan, khususnya dengan memanfaatkan teknologi yang semakin canggih. Penelitian ini menghasilkan e-modul pembelajaran dengan menggunakan aplikasi flip PDF yang valid, praktis pada mata pelajaran Dasar-Dasar Otomotif. Model pengembangan penelitian ini menggunakan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 2 Medan pada kelas X dengan 36 responden. Validasi ahli media dengan rata rata 93.75%, validasi ahli desain dengan rata-rata 95.50%, dan validasi ahli materi dengan rata rata 95.75% sehingga media sangat layak untuk di uji coba. Respon guru terhadap media 92.00% dan respon siswa 90.75%. Sehingga di dapat, ketuntasan klasikal siswa mencapai 97.22% termasuk ke dalam kategori efektif. Sehingga penelitan pengembangan e-modul interaktif dengan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) pada mata pelajaran dasar- dasar otomotif di kelas X SMK N 2 medan dinyatakan, valid, praktis dan efektif.
Full Text:
PDFReferences
Addiin, I., et al. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Pada Materi Pokok Larutan Asam dan Basa di Kelas XI Ipa 1 SMA Negeri 2 Karanganyar Tahun Ajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK) Universitas Sebelas Maret, 3(4), 11.
(2022). Implementasi Kurikulum Dalam Mutu Pendidikan Program Keunggulan. Afeksi: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan.
Hidayah., Manajemen
et al.
Meningkatkan http://afeksi.id/jurna/index.php/afeksi.
Hidayat, R., & Abdillah. (2019). Ilmu Pendidikan : Konsep, Teori dan Aplikasinya. Medan: LPPPI.
Kumaat, H. (2012). Persepsi Masyarakat Terhadap Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Sebagai Upaya Memasuki Dunia Kerja. APTEKINDO, 501-506.
Kustandi, C., & Sudjipto, B. (2013). Media Pembelajaran Manual dan Digital. Bogor: Ghalia Indonesia.
Maryam., et al. (2019). Pengembangan E- Modul Matematika Berbasis Open Ended Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Kelas VIII. Jurnal Matemtika dan Pendidikan Matematika. 10(1).
Republik Indonesia. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: DPR RI.
Utama, K. O. D., & Sukaswanto, S. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar dan Keaktifan Belajar Siswa di Smk Negeri 1 Ngawen. Jurnal Pendidikan V okasi Otomotif, 2(2), 79–92. https://doi.org/10.21831/jpvo.v2i2.3356 0.
DOI: https://doi.org/10.24114/roda.v2i2.42930
Article Metrics
Abstract view : 197 timesPDF - 221 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.