ANALISA KINERJA SEPEDA MOTOR MENGGUNAKAN MIKROKONTROLER ATMEGA2560
Abstract
ECU Standar pada dasarnya tidak dapat diprogram ulang. Pemprograman biasanya dilakukan pabrikan ketika melakukan facelift (pembaruan ringan) setiap 3-4 tahun. Pabrikan menjual tipe baru dengan menambahkan kata Sport atau Performance, dengan tenaga dan torsi yang lebih tinggi dari versi sebelumnya serta dijual dengan harga yang lebih mahal. Hebatnya hal ini terjadi pada jenis mesin yang sama, tetapi dengan pemprogram ulang di ECU. Untuk mengatasi masalah ini para produsen otomotif menciptakan berbagai ECU Aftermarket, dimana ECU Aftermarket ini dapat dimapping ulang dan para mekanik dapat membuat base mapping terbaik mereka. Akan tetapi harga ECU Aftermarket ini sangatlah mahal. Hal inilah yang menjadi latar belakang dilakukannya penelitian ini. Tujuan penelitian ini adalah untuk membandingkan kinerja mesin meliputi daya dan torsi pada ECU standar dan Mikrokontroler Atmega2560. Metode penelitian ini dengan pembuatan program firmware menggunakan Arduino. Hasil yang diperoleh menyatakan bahwa penggunaan ECU standar dan Standalone berbasis Atmega2560 memiliki perbedaan yang cukup signifikan, dimana ECU Standalone berbasis Atmega2560 memiliki nilai daya dan torsi yang lebih tinggi.
Full Text:
PDFReferences
Amir, A. and Nofriansyah, M. (2020) ‘Uji Performa Sepeda Motor Sport Sistem Programmed Fuel Injection (Pgm-Fi) Satu Silinder 150 Cc Menggunakan Bahan Bakar Bensin Ron 92’, Motor Bakar : Jurnal Teknik Mesin, 3(2). doi: 10.31000/mbjtm.v3i2.3340.
Comparator, O. A. et al. (2012) ‘Datenblatt Arduino’.
Fauzan Ramadhan, F. and Lesmana, I. G. E. (2020) ‘Peningkatan Daya Dan Torsi Dengan Menggunakan Software “Bitedit” Di Mesin I-Vtec Type Honda Jazz’, Jurnal Penelitian Dan Karya Ilmiah Lembaga Penelitian Universitas Trisakti, 5(2), pp. 39–50. doi: 10.25105/pdk.v5i2.7357.
Menyandang, G., Ahli, G. and Kurniawan, W. (2013) ‘Sistem Pengapian Mesin 1Nz-Fe Toyota Vios Program Studi Diploma Iii Teknik Mesin’.
Suparyanto dan Rosad (2015 (2020) ‘Electronic Control Unit Programmable (ECU Programmable) Menggunakan ATmega2560’, Suparyanto dan Rosad (2015, 5(3), pp. 248–253.
DOI: https://doi.org/10.24114/roda.v2i2.42932
Article Metrics
Abstract view : 122 timesPDF - 79 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.