Analisis Perbedaaan Efisiensi Pemakaian Bahan Bakar Pada Pompa Injeksi Tipe Distributor dan Tipe Inline di Motor Diesel

Mahfudin Mahfudin

Abstract


Seiring perkembangan teknologi sistem pembakaran pada dunia otomotif, mesin diesel telah menjadi salah satu primadona yang dipilih sebagai alternatif yang memiliki performa lebih baik dari beberapa segi seperti pembakaran sempurna yang terkompresi jika dibandingkan dengan mesin pembakaran otto. Meskipun keduanya adalah sebuah langkah pembakaran yang berada di dalam ( internal combustion) pembakaran mesin diesel memiliki keuntungan berupa stroke mesin yang besar sehingga putaran mesinnya lebih lambat dan mendapatkan benefit berupa konsumsi bahan bakar yang minimum. Pada mesin diesel, salah satu komponen yang penting untuk men-injeksi pompa disebut pompa injeksi. Pompa injeksi dalam mesin diesel dibagi menjadi 2 jenis : pompa injeksi distributor dan pompa injeksi inline. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan efisiensi pemakaian bahan bakar pada kedua tipe pompe injeksi ini. Penelitian ini menggunakan metode studi literatur dengan sebuah studi kasus yang ditemukan pada mesin pembakaran diesel secara umum. Maraknya penggunaan mesin diesel juga menimbulkan masalah mengenai perawatannya. Termasuk perawatan kedua jenis pompa ini. Hasil penelitian ini merupakan sebuah pengelompokkan data yang berpusat pada perbandingan antara pompa injeksi tipe distributor dan tipe injeksi ke dalam 3 kategori, yaitu : pemakaian bahan bakar, perawatan, dan efisiensi terhadap tenaga mesin. Hasil ini memberikan kontribusi dalam memberikan informasi literatur yang komperehensif terkait pemakaian mesin diesel secara umum.


Full Text:

PDF

References


Anugrah, R. A. (2021). Analisis Pengaruh Kalibrasi Pompa Injeksi Tipe Inline dan Injektor Motor Diesel Terhadap Volume dan Tekanan Penginjeksian. Jurnal Teknik Mesin, 10(1), 9. https://doi.org/10.22441/jtm.v10i1.10192

Irawan, D., Eko, B., & Raharjo, W. D. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran Pompa Injeksi Tipe Ve Distributor Berbasis Flash Player. Automotive Science and Education Journal, 3(1), 12– 18.

Julia, L. (2002). Consumption of the Diesel Engine. 1–7.

Mesin, D. T., Teknik, F., Surabaya, U. N., Mesin, J. T., Teknik, F., & Surabaya, U. N. (n.d.). DESAIN RANGKA BOSCH PUMP TIPE IN – LINE 4 SILINDER Hari Cahyono Iskandar.

Sanders, F. (2007). Diesel Mechanics. 10- 34,35-52.

https://ebookcentral.proquest.com/lib/uth m-ebooks/detail.action?docID=3011072

Sugeng, U. M., Firdausi, M., Hakim, A., Moh, J., Ii, K., Sawah, S., & Jakarta, D. K. I. (2022). Pengaruh kalibrasi inline pump pada mesin diesel. 24(2).

Tarigan, K., Hasballah, & Malau, B. D. (2020). Pengaruh Kalibrasi Pompa Injeksi Sebaris Pada Mesin Diesel Terhadap Emisi Gas Buang dan Konsumsi Bahan Bakar. Jurnal Teknologi Energi Uda, 9, 62–73.




DOI: https://doi.org/10.24114/roda.v2i2.42937

Article Metrics

Abstract view : 241 times
PDF - 218 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.