Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Mata Pelajaran Teknologi Dasar Otomotif Berbantuan Powtoon Untuk Siswa Kelas X TKR Di Smk Swasta Bima Utomo Bs Batang Kuis

Khairul Anwar Nasution, Erma Yulia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) kelayakan media pembelajaran interaktif berbantuan powtoon pada materi bearing, seal dan gasket (2) efektivitas media pembelajaran interaktif berbantuan powtoon pada materi bearing, seal dan gasket. Penelitian dilaksanakan pada siswa kelas X TKR di SMK Swasta Bima Utomo BS Batang Kuis. Jenis penelitian ini adalah Research and Development menggunakan model ADDIE. Hasil penelitian yang diperoleh untuk kelayakan desain tampilan 100%, kebahasaan 95%, pengoperasian media 90%, kelayakan isi 82,14%, penyajian 75%, panduan informasi 100%, konten bahan ajar 84,09%, dan kelayakan media pembelajaran interaktif berbantuan powtoon pada materi bearing, seal dan gasket secara keseluruhan 89% dengan kategori sangat layak. Sampel penelitian uji efektivitas terdiri dari 40 siswa kelas X TKR. Uji efektivitas media pembelajaran interaktif berbantuan powtoon pada materi bearing, seal dan gasket dapat diketahui dengan membandingkan hasil belajar siswa yang diukur dengan pre-test diawal proses pembelajaran dan post-test diakhir proses pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran yang dikembangkan. Hasil penelitian yang diperoleh untuk uji efektivitas media pembelejaran berbantuan powtoon terjadi peningkatan hasil belajar siswa sebesar 76,84%.


Full Text:

PDF

References


Anggita, Z., (2020), Penggunaan Powtoon Sebagai Solusi Media Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19, Jurnal Bahasa, Sastra dan Pengajaran, 7 (2) : 44–52

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, S. 2012. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Edi, S., Suharno., & Indah, W., (2017), Pengembangan Standar Pelaksanaan Praktik Kerja Industri (PRAKERIN) Siswa SMK Program Keahlian Teknik Pemesinan Di Wilayah Surakarta, Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Kejuruan, 10 (1) : 22-30

Fatkhurrokhman, M., Endi, P., Ratna, E., & Setria, U, R., (2017), Pengembangan Perangkat Pembelajaran Teknik Digital Berbasis Project Based Learning Di Jurusan Pendidikan Teknik Elektro, Jurnal Pendidikan Vokasi, 7 (1) : 101– 109

Miarso,

Y usufhadi. 2004. Menyemai Benih Teknologi Pendidikan, Jakarta: Prenada Media

Nurrita, T., (2018), Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa, MISYKAT, 3 (1) : 171–210

Silitonga, P.M., (2011), Metodologi Penelitian Pendidikan, UNIMED, Medan

Sugiyono, (2009), Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D, Alfabeta ; Bandung

Sugiyono, (2013), Metode

Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D, Alfabeta ; Bandung

Suyitno, (2016), Pengembangan Multimedia Interaktif Pengukuran Teknik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMK, Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 23 (1) : 101– 109

Syarif, M., (2013), Teknologi Dasar Otomotif, Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan : Jakarta

Yuliandari, S.,& Eko, W., (2014), Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Pada Mata Pelajaran Ekonomi Materi Jurnal Penyesuaian Perusahaan Jasa, Jurnal Pendidikan Akuntansi, 2(2) : 1–9




DOI: https://doi.org/10.24114/roda.v2i2.42940

Article Metrics

Abstract view : 126 times
PDF - 87 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.
slot gacor slot