PENGARUH VARIASI KECEPATAN POTONG (CS) TERHADAP TINGGKAT KEKASARAN PADA PEMBUBUTAN BAJA KARBON RENDAH 1 INCHI X 150 MM

Fransiskus Dielmon Sihaloho, Rodo Yotin Togatorop, Parulian Janvier Anakampun, Tegar Dwi Putra Ari Armedita, Suprapto Suprapto

Abstract


Pemesinan adalah proses pembuatan di mana suatu benda dibentuk dengan mengurangi atau menghilangkan sebagian materialnya untuk mendapatkan bentuk yang diinginkan. Parameter seperti kecepatan, kedalaman, dan kecepatan pemotongan memengaruhi kualitas permukaan benda kerja selama proses pembubutan. Bagaimanapun, tidak ada data yang cukup tentang apa arti batas pemotongan untuk nilai kekasaran permukaan. Sistem pemesinan yang digunakan dalam pengujian ini adalah pembubutan. Studi ini memimpin uji coba. Benda uji yang digunakan adalah baja karbon sedang berukuran 1 inchi x 150 mm yang dibubut secara bertahap untuk dikerjakan dengan proses pengujian kekasaran. Contoh dibalik dengan mengubah laju pemotongan pada area poros staggered, khususnya 0,197 m/s, 0,0711 m/s, 1,1513 m/s. Putaran cekam atau putaran spindle dan kedalaman potong adalah faktor tetap. Kekasaran  permukaan diperkirakan menggunakan penganalisa kekasaran permukaan hasil pembubutan . Hasilnya menunjukkan bahwa efek kekasaran meningkat dengan peningkatan dalam mevariasi gerakan. Mencari kekasaran paling rendah menggunakan kedalaman pemotongan variabel 1mm, 0,50mm, 0,25mm. meskipun terkadang permukaan benda kerja yang halus jelas bukan perangkat standar. Pemeriksaan ini menunjukkan bahwa kecepatan pemotongan dan pemotongan (pengurusan) sangat berpengaruh pada nilainya.

Kata Kunci: Kekasaran; kecepatan pemotongan; proses pembubutan.



Full Text:

PDF

References


Fahrizal, P. M. (Mei 2022). Pengaruh Parameter Pemotongan Terhadap Kekasaran Permukaan Baja Karbon Rendah Pada Proses Bubut.

Dedi Saputra Nasution1), M.R. (2021). Dampak Pemanfaatan Kekasaran Permukaan Pada Pembulatan Baja Aisi 1020 Dengan Menggunakan Mata. Silinder, 8.

Analisis Perbandingan Kecepatan Putaran Tetap Dengan Kecepatan Potong Tetap Terhadap Kekasaran Permukaan. (2019, Januari). Retrieved from academia: https://www.academia.edu/38513196/Analisis_Perbandingan_Kecepatan_Putaran_Tetap_dengan_Kecepatan_Potong_Tetap_terhadap_Kek asaran_Permukaan_Baja_ST_37_pada_Mesin_ NC_PU_2A

Gupta, A., Mittal, A., & Gupta, A. K. (2011). Colon targeted drug delivery systems–a review. Asian J. Pharm. Res, 1(2), 25–33.

Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D.

Rifnaldy, R., & Mulianti, M. (2019). PENGARUH PERLAKUAN PANAS




DOI: https://doi.org/10.24114/roda.v3i1.48131

Article Metrics

Abstract view : 75 times
PDF - 34 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.