Analisa Interaksi Gaya Gesek Ban Mobil Terhadap Struktur Permukaan Jalan

Muhammad Nuh Hudawi Pasaribu, Muhammad Isa Siregar, Hendra Susilo

Abstract


Untuk mendapatkan kenyamanan, keamanan saat berkendaan di jalan yang umumnya melintas di permukaan tekstur aspal dan beton, factor yang perlu untuk diperhatikan adalah ban seperti tekanan ban, jenis ban,beban, kecepatan dan tektur permukaan jalan. Tekanan angin ban yang biasa digunakan untuk mobil keluarga adalah 30 [kg/cm2] , 35 [kg/cm2] yang ddapat disesuaikan dengan kebutuhan pengemudi. Melintas di atas tekstur permukaan jalan aspal dan beton akan memberikan perbedaan terhadap gaya gesek ban. Tekstur permukaan jalan ditunjukkan dalam bentuk benjolan /kekasaran jalan (IRI) yang akan bersentuhan dengan permukaan ban. IRI merupakan faktor utama yang mempengaruhi koefisien gesek Ff antara ban dan jalan. Jalan AH. Nasution Medan merupakan jalan yang digunakan sebagai tempat dilakukannya penelitian kaarena yang memiliki dua jenis tekstur permukaan tersebut. Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui nilai perbandingan gaya gesek pada tekstur permukaan jalan aspal dan pada tekstru permukaan jalan beton. Metode yang digunakan adalah eksperimen dengan menggunakan alat software GTSVDSS. Penelitian dengan menggunakan mobil Toyota Innova tahun 2010, Ban Brigstone B50, Dimensi 205/65/R15, Tekanan angin 34[ kg/cm2], Bermassa 185 [kg] dengan temperatur linkungan 32°C. Kekasaran tesktur permukaan jalan (IRI) aspal 6, 4 dan IRI permukaan tekstur jalan beton 6,7 jadi, IRI jalan beton lebih besar dibandingkan IRI jalan aspal. Gaya gesek terbesar pada struktur permukaan jalan aspal 5041, 66 [N] dikecepatan 30 -40 [km/jam] dan gaya gesek terbesar pada struktur permukaan jalan beton 6302, 08 [N] dikecepatan 30 – 40 [km/jam].


Full Text:

PDF

References


Sudarno, L. Fadhilah, A. Afif, S. Nurobingatun, H. Hariyadi, A. Mufid (2018). Analisa Tebal Perkerasan Jalan Raya Magelangpurworejo km 8 sampai km 9 Menggunakan Metode Bina Marga 1987, RiCE, vol.02, no.1, 2018, pp. 41-46.

M.Nuh Hudawi P ., Analisa Koefisien Grip Mobil Terhadap Karakter Struktur Permukaan Jalan, READY STAR, vol. 1, 2018, pp. 138-145.

M.Nuh Hudawi P , Analisa Koefisien Grip Antara Ban Dan Permukaan Jalan, Tesis, Departemen Teknik Mesin Fakultas Teknik, USU, 2017.

A.Ufriandi, Analisa Tingkat Keausan Terhadap Pemakaian Ban Merk A, B dan C Menggunakan Ban Standar 90/90-14 46P , SURYA TEKNIK, vol. 8, no.1, 2021, pp. 282-288.

I. Wahyu A., Penerapan Gaya Gesek Pada Kehidupan Manusia, INKUIRI, vol.10, No.1, 2021, pp. 67-70.

H. Susilo, S. Dwi H., Analisa Kerusakan Jalan Beton Pada Ruas Jalan Desa Badurame- Geger Kecamatan Turi, CIVILLa, Vol. 2

T. Yuono, Evaluasi Kuat Tekan Jalan Beton Yang Pola Pembangunannya Dengan pemberdayaan Masyarakat, Jurnal Teknik Sipil Dan Arsitektur, Vol. 21, No. 25, 2017, pp,1-5.

A.Tacenca, Y. Nerli, Florentina, A. Lein, N. Idur, H. Doa, Analisa Koefisien Gesek Statis Benda Pada Bidang Miring Menggunakan Aplikasi Vidio Taccker, Jurnal Luminous Riset Ilmiah Pendidikan Fisika Vol. 2, No. 2, 2021, pp,. 7-10.

Y..Tiandho, Miskonsepsi Gaya Gesek Pada Mahasiswa, JPFK, Vol. 4 No. 1, 2018, pp. 1-9.

M. Zuhdi, Supriyadi, Desain Dan Pembuatan Alat Uji Koefesien Gesek Berdasarkan Sudut Kemiringan Bidang Longsor, J. Pijar MIPA, Vol.14, No. 3, 2019, pp. 192- 196.

P. Hariati W., Hidayati, Eksperimen Gaya Gesek Untuk Menguji Nilai Koefisien Gesekan Statis Kayu Pada kayu dengan program matlab, Science Tech, Vol. 3, No. 2, 2017, pp. 121-126.

D.Kurnia S., A. Setyawan, Suryoto, Analisis Kondisi Fungsional Jalan Dengan Metode Psi Serta Prediksi Sisa Umur Perkerasan Jalan, e- jurnal MATRIK Tekni Sipil, 2018, pp. 120-132.

A.Pembuain, S. Priyanto, L. Budi., Evaluasi Kemantapan Permukaan Jalan Berdasarkan International Roughness Index Pada 14 Ruas Jalan di Kota Yogyakarta, TEKNIK, Vol. 39 no. 2, 2018, pp. 126-131.

I.

Manurung, Pengaruh Perletakan Roughness Sensor Pada Evaluasi Ketidakrataan Jalan Menggunakan Roughhometer III, skripsi, Departemen Teknik Sipil Fakultas Teknik , USU, 2019.

F.Andriani, S. Suryanti B., W. Rande, Y. Melci J. R. Barry A., Analisa Koefisien Gesek Kinetis Benda Miring Menggunakan Video Tracker, OPTIKA, Vol. 5 no 1, 2021, pp. 74-83.

C. Amirudin, R. B. Astro, D.H. Mufida, S. Humairo, S. Viridi, Pengaruh Luas Permukaan Benda Terhadap Koefisien Gesek Statis Dan Kinetis Pada Bidang Miring Menggunakan Video Tracker, (E- Journal) SNF, Vol. VII, 2018, pp. 91-97.

M. Nuh Hudawi P., Analisa Koefisien Gesek Kinetis Terhadap Struktur Permukaan Jalan Akibat Beban Dinamik Mobil, TALENTA, vol I, 2018.

M. Nuh Hudawi P., Analisa Koefisien Gesek Ban Mobil Terhadap STruktur Permukaan Jalan., ADTS SAINTECH, Vol 3, 2022, pp 71-81.




DOI: https://doi.org/10.24114/roda.v3i2.54441

Article Metrics

Abstract view : 240 times
PDF - 244 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.