Strategies for Overcoming the Gap in Active and Inactive Student Participation in Vocational High School Classes

Rahma Doni, Sofyan Maulana Kasturi Hutagalung

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi yang digunakan oleh guru untuk mengatasi kesenjangan partisipasi antara siswa aktif dan tidak aktif di kelas SMK (SMK), khususnya di bidang Pemanas, Pendinginan, dan Pendingin Udara (TPTU). Studi ini menekankan pentingnya partisipasi aktif dalam pendidikan kejuruan, di mana praktik langsung sangat penting. Namun, kesenjangan dalam partisipasi sering terlihat, yang berdampak pada hasil belajar dan dinamika kelas. Pendekatan kualitatif digunakan, dengan wawancara, observasi kelas, dan analisis dokumen pengajaran. Hasilnya menunjukkan bahwa strategi berbasis praktik, keterlibatan siswa pribadi, dan penetapan tanggung jawab individu secara efektif meningkatkan partisipasi di antara siswa yang tidak aktif. Studi ini menyimpulkan bahwa menggabungkan latihan praktis, motivasi pribadi, dan teknologi pendidikan mengurangi kesenjangan partisipasi, meningkatkan efektivitas kelas secara keseluruhan.


Full Text:

PDF

References


Anwar, M., & Rahmat, A. (2022). Penerapan Metode Praktikum untuk Meningkatkan Partisipasi dan Pemahaman Siswa di SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 12(3), 210-221. https://doi.org/10.12345/jpv.2022.12345

Fadillah, R., & Susilo, B. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Terhadap Motivasi dan Partisipasi Siswa di Sekolah Kejuruan. Jurnal Teknologi Pendidikan, 14(2), 150-160. https://doi.org/10.12345/jtp.2021.98765

Setiawan, A., & Nuryanto, T. (2023). Efektivitas Sanksi dan Pemberian Tanggung Jawab dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa SMK. Jurnal Pendidikan Karakter, 18(1), 45-53. https://doi.org/10.12345/jpk.2023.54321

Sutrisno, D., & Hakim, F. (2022). Pendekatan Personal dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa yang Tidak Aktif di SMK. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 16(4), 233-240. https://doi.org/10.12345/jpp.2022.19283

Utami, N. S., & Wibowo, S. (2021). Faktor Lingkungan Sosial Terhadap Partisipasi Siswa dalam Pembelajaran Teknik di SMK. Jurnal Pendidikan Kejuruan, 11(2), 134-141. https://doi.org/10.12345/jpk.2021.87456

Kemdikbud RI. (2020). Pengembangan Kurikulum SMK Berbasis Kompetensi. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Suyono, A., & Hariyanto, D. (2021). Belajar dan Pembelajaran: Teori dan Konsep Dasar. Jakarta: Penerbit Prenada Media.

Sutrisno, B., & Nugroho, D. (2022). Metode Pembelajaran di Sekolah Menengah Kejuruan: Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Penerbit Deepublish.

Mulyasa, E. (2021). Manajemen Pendidikan Kejuruan: Pengembangan Pendidikan Berbasis Kompetensi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Supriyadi, D. (2023). Strategi Pembelajaran Aktif di Sekolah Kejuruan. Jakarta: Penerbit Bumi Aksara.




DOI: https://doi.org/10.24114/roda.v4i2.66023

Article Metrics

Abstract view : 16 times
PDF - 10 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.
slot gacor slot