Pengembangan Instrumen Penilaian, Langkah kelima Model Dick and Carey pada LMS IDEAS BPOM
Abstract
Pengembangan kompetensi melalui platform pembelajaran mandiri IDEAS di BPOM telah memfasilitasi pemenuhan kewajiban pengembangan kompetensi (20 JP), tetapi belum optimal dalam mencapai peningkatan kompetensi yang menyeluruh. Keterbatasan utama terletak pada penggunaan metode evaluasi pretest dan posttest, yang dirasa kurang mampu menggambarkan penerapan pengetahuan secara praktis. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi efektivitas instrumen penilaian lain, yaitu refleksi dalam evaluasi pembelajaran untuk meningkatkan pemahaman dan aplikasi materi oleh pegawai. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dan kualitatif untuk menganalisis data dari pretest, posttest, dan feedback formulir evaluasi. Temuan menunjukkan peningkatan signifikan dalam skor posttest dan preferensi peserta terhadap metode evaluasi yang lebih interaktif. Implikasi dari penelitian ini menegaskan bahwa penggunaan refleksi tidak hanya memperkaya proses evaluasi tetapi juga memfasilitasi pembelajaran yang lebih adaptif dan berkesinambungan.
Full Text:
PDFReferences
Akhmad, Riandy, & Agusta. (2022). Development of Learning Outcomes Assessment Instruments Using Computer Based Test (CBT). Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 255-267. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3070
Baharun, H. (2016). Penilaian Berbasis Kelas pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Madrasah. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 3(2), 204–216.
Black, P., & Wiliam, D. (1998). Assessment and classroom learning. Assessment in Education: Principles, Policy & Practice, 5(1), 7-74. https://doi.org/10.1080/0969595980050102
Boud, D., Keogh, R., & Walker, D. (1985). Reflection: Turning experience into learning. Kogan Page.
Branch, R. M. (2009). Instructional design: The ADDIE approach. Springer.
Darling-Hammond, L. (2014). Next generation assessment: Moving beyond the bubble test to support 21st century learning. Jossey-Bass.
Dick, W., Carey, L., & Carey, J. O. (2009). The systematic design of instruction (7th ed.). Pearson.
Means, B., Toyama, Y., Murphy, R., Bakia, M., & Jones, K. (2010). Evaluation of evidence-based practices in online learning: A meta-analysis and review of online learning studies. U.S. Department of Education.
Noddings, N. (2013). Education and Democracy in the 21st Century. Teachers College Press.
Popham, W. J. (2009). Assessment literacy for teachers: Faddish or fundamental? Theory into Practice, 48(1), 4-11. https://doi.org/10.1080/00405840802577536
Schön, D. A. (1983). The reflective practitioner: How professionals think in action. Basic Books.
Schreiber, B., & Berge, Z. L. (2017). If you build it, will they come? A case study of digital spaces and the training of instructional designers. Journal of Asynchronous Learning Networks, 21(2), 15-33.
Taras, M. (2005). Assessment – summative and formative – some theoretical reflections. British Journal of Educational Studies, 53(4), 466-478. https://doi.org/10.1111/j.1467-8527.2005.00307.x
William, D. (2011). Embedded formative assessment. Solution Tree Press.
Zhao, Y., Pugh, K., Sheldon, S., & Byers, J. L. (2020). Conditions for classroom technology innovations. Teachers College Record.
DOI: https://doi.org/10.24114/roda.v4i2.66024
Article Metrics
Abstract view : 7 timesPDF - 7 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.