PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X TBSM PADA MATA PELAJARAN DASAR TEKNIK OTOMOTIF ELEMEN GAMBAR TEKNIK YANG PEMBELAJARANNYA MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DAN MODEL DISCOVERY LEARNING DI SMKS IMELDA MEDAN

Elysa Syafaat, Lisyanto Lisyanto

Abstract


Penelitian ini bertujuan: 1) Mendeskripsikan hasil belajar Dasar Teknik Otomotif Elemen Gambar Teknik yang pembelajarannya menggunakan model Problem Based Learning pada kelas X TBSM di SMKS Imelda Medan. 2) Mendeskripsikan hasil belajar Dasar Teknik Otomotif Elemen Gambar Teknik yang pembelajarannya menggunakan model Discovery Learning pada kelas X TBSM di SMKS Imelda Medan. 3) Mendeskripsikan perbedaan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Dasar Teknik Otomotif Elemen Gambar Teknik yang pembelajarannya menggunakan model Problem Based Learning dan model Discovery Learning pada kelas X TBSM di SMKS Imelda Medan. Penelitian ini dilaksanakan di SMKS Imelda Medan Jl. Bilal No. 52, Pulo Brayan Darat I, Kec. Medan Timur, Kota Medan Prov. Sumatera Utara. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas X TBSM yang berjumlah 60 siswa, sedangkan sampel dalam penelitian ini terdiri dari 2 kelas yaitu kelas X TBSM 1 yang berjumlah 30 siswa dan kelas X TBSM 2 berjumlah 30 siswa. Teknik pengambilan sampel adalah total sampling. Hasil belajar siswa pada kelas X TBSM 1 sebelum diberikan perlakuan rata-rata pre-tes 56.78 dan setelah diberikan perlakuan dengan menggunakan model Problem Based Learning diperoleh rata-rata pos-tes

81.56 sedangkan hasil belajar siswa pada kelas X TBSM 2 sebelum diberikan perlakuan rata-rata pre-tes 46.11 dan setelah diberikan model Discovery Learning diperoleh rata-rata pos-tes 72.33. Hasil perhitungan uji t pos-tes diperoleh nilai thitung sebesar 3.703 dan ttabel sebesar 2.002 pada taraf 𝖺 = 0.05 sehingga diperoleh (3.703 > 2.002), sehingga H0 ditolak dan Ha diterima, ini menunjukkan bahwa hasil belajar yang pembelajarannya menggunakan model Problem Based Learning lebih tinggi dibandingkan hasil belajar siswa yang pembelajarannya menggunakan model Discovery Learning.


Full Text:

PDF

References


Arifin, Z. (2017). Evaluasi Pembelajaran.

Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Arikunto, S. (2016). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Azwar, S. (1997). Reliabilitas dan Validitas.

Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Budiningsih, C. A. (2005). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Cahyo, A. N. (2013). Panduan Aplikasi Teori Teori Belajar Mengajar. Yogyakarta: DIVA Press.

Djamarah, S.B. (2008). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Rineka Cipta.

Furqon, Z., & Pramono, J. (2018). Gambar Teknik Otomotif. Yogyakarta: Andi.

Gagne, B. J. (2008). Principles of Instructional Design, Second Edition. New York: Holt Rinehart and Winston.

Haerullah, A., & Hasan, S. (2017). Model & Pendekatan Pembelajaran Inovatif (Teori dan Aplikasi). Yogyakarta: CV. Lintas Nalar.

Heinich, R., & et, a. (1999). Instructional Media and Technology for Learning. New Jersey: Prentice Hall

Jihad, A., & Haris, A. (2012). Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Presindo

Kadir. (2010). Statistika untuk Penelitian Ilmu- ilmu Sosial : Dilengkapi dengan output program SPSS. Jakarta: Rosenata Sampurna.

Karwono, H., & Mularsih, H. (2018). Belajar dan Pembelajaran : Serta Pemanfaatan Sumber Belajar. Jakarta: Rajawali Pers. Lindgren, H. C. (1976). Educational Psychology in the Classroom. Toronto:

John Wiley & Sons, Inc

Purwanto. (2016). Evaluasi Hasil Belajar.

Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rusman. (2014). Model-model Pembelajaran : Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Safari. (2019). Evaluasi Pendidikan : Penyusunan Kisi-Kisi, Penulisan, dan Analisis Butir Soal Berdasarkan Kurikulum 2013 Menuju Penilaian Abad 21. Jakarta: Erlangga.

Sani, R. A. (2013). Inovasi Pembelajaran.

Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Setiawan, F. A. (2022). Dasar-Dasar Teknik Otomotif untuk SMK/MAK Kelas X Semester 2. Jakarta: Pusat Perbukuan & Direktorat Sekolah Menengah Kejuruan.

Silitonga, P. M. (2014). Statistik : Teori dan Aplikasi dalam Penelitian. Medan: FMIPA UNIMED.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjana, N. (2002). Metoda Statistika.

Bandung: Tarsito.

Sudjana, N. (2016). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2012). Statistika untuk Penelitian.

Bandung: Alfabeta.

Sukardi. (2018). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara. Sukardi, H. M. (2019). Metodologi Penelitian Pendidikan : Kompetensi dan Praktiknya, Edisi Revisi. (R. Damayanti, Ed.) Jakarta: PT. Bumi

Aksara.

Tanjung, R. (2012). Evaluasi Pembelajaran.

Medan: UNIMED.

Triyono. (2017). Metodologi Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Ombak.

Umar, M. T. (2009). Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning. Jakarta: Kencana Prenada Media.

Yaqin, R. I., & Musa, I. (2019). Model Pembelajaran Gambar Teknik. Jakarta: Amafrad Press.

Journals:

Ariyanto, L., & Santoso, L. (2017). Pengaruh Pembelajaran Problem Based Learning Dan Discovery Learning Terhadap Mathematical Problem Posing Siswa Smk Kelas XI. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 2(1), 27-35.

Cholidhea, A. S., Herlambang, A. D., & Wijoyo, S. H. (2020, Oktober). Pengaruh Kualitas Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Discovery Learning Berbantuan Aplikasi Canvas terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Desain Grafis Percetakan di SMKN 5 Malang. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 4(10), 3322-3330.

Damanik, R. U., Saragih, S., & Arnita. (2023, April-Juli). Perbedaan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Penalaran Matematis Siswa yang Diajar Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Discovery Learning. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 07(02), 1332-1344.

Hariyanto, B., Sastrio, T. B., Widayat, E., & Mardiana, N. (2022, Agustus). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia. Disastri, 4(2), 122-137.

Minarni, A., & Lubis, U.M. (2019, Agustus). Perbedaan Kemampuan Pemecahan Siswa Yang Belajar Melalui Problem Based Learning dengan Yang Belajar Melalui Discovery Learning di SMK Negeri 2 Medan. Karismatika, 5(2),

-53.

Pratama, B.A., & Mardiani, D. (2022). Kemampuan berpikir kritis matematis antara siswa yang mendapat model Problem Based Learning dan Discovery Learning. PowerMathEdu, 01(01), 83-92.

Setyaningrum, W., Riani, A. L., & Wardani, D.

K. (2020, April). Comparison of Problem-Based Learning and Discovery Learning Model. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 7(3), 305-313.

Shinta, S., Fatmawati, S., & Nasir, M. (2020, Juni). Komparasi Model Problem Based Learning dan Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Ditinjau Dari Kemampuan Awal. Kappa Journal. 4(1), 16-22.

Sofyan, H., & Komariah, K. (2016, November). Pembelajaran Problem Based Learning

dalam Implementasi Kurikulum 2013 di SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 6(3), 260-271.

Suminar, S. O., & Meilani, R. I. (2016, Agustus). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning dan Problem Based Learning Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 80-89.

Wardani, F. I., Mawardi, & Astuti, S. (2018). Perbedaan Hasil Belajar Matematika Kelas 4 SD dalam Pembelajaran Menggunakan Model Discovery Learning dan Problem Based Learning. Jurnal Teori dan Aplikasi Matematika (JTAM), 62-75.




DOI: https://doi.org/10.24114/roda.v4i2.66025

Article Metrics

Abstract view : 8 times
PDF - 6 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.
slot gacor slot