Meta Analisis: Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Virtual Reality terhadap Hasil Belajar

Eka Suci Anja Kusumawati

Abstract


Hasil belajar merupakan indikator utama keberhasilan proses pembelajaran siswa di kelas. Capaian utama pembelajaran yang baik adalah menghasilkan hasil belajar yang baik dalam arti siswa mempunyai nilai yang tinggi pada ranah kognitif. Namun kenyataan di lapangan tidak selalu berjalan efektif. Di sisi lain, siswa kurang begitu memahami materi yang disampaikan, khususnya dalam pembelajaran yang bersifat abstrak dan sulit dipahami, dimana banyak materi abstrak yang akan lebih maksimal diajarkan di lapangan, mengingat materi yang diajarkan akan sangat relefan dan mampu diaplikasikan secara langsung. Hal ini tidak mungkin diterapkan di sekolah, mengingat efisiensi waktu dan keterbatasan sekolah dalam berbagai hal. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis penggunaan media pembelajaran berupa virtual reality terhadap hasil belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah meta analisis dengan pendekatan kuantitatif. Sebanyak 8 artikel dari jurnal nasional ber ISSN digunakan sebagai sampel penelitian. Temuan penelitian menunjukkan bahwa virtual reality mempunyai pengaruh yang besar terhadap hasil belajar. Hal ini ditunjukkan dengan rata-rata effect size sebesar 0,38 lebih besar dari 0,25. Rekomendasi penelitian selanjutnya adalah pengembangan Media Pembelajaran yang dapat diintegrasikan dengan media pembelajaran berbasis Artificial inteligence pada seluruh materi pembelajaran untuk mengoptimalkan pemahaman siswa, yang juga mengoptimalkan hasil belajar pada pembelajaran siswa di sekolah.


Full Text:

PDF

References


Adhyara, P. K., Febriyanti, N. N. R., & Gloria, N. K. I. M. (2024, October). Pandangan Generasi Z dan Alpha terhadap Implementasi Meme sebagai Media Pembelajaran Inovatif dalam Mewujudkan Pendidikan Berbasis Tren. In Prosiding Seminar Nasional Riset Bahasa dan Pengajaran Bahasa (Vol. 6, No. 1, pp. 232-242).

Aini, N. N., Azizah, M., & Thohir, M. A. (2023). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Virtual Reality terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPA di SD. Caruban: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dasar, 6(2), 267-275.

Attalina, S. N. C., Efendi, A., Niswah, N., & Nugroho, V. A. (2024). Efektivitas Media Pembelajaran Berbasis Virtual Reality (Vr) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Materi Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Tunas Bangsa, 11(1), 31-43.

Anshori, S. (2018). Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi sebagai media pembelajaran. Civic-Culture: Jurnal Ilmu Pendidikan PKn dan Sosial Budaya, 2(1).

Arini, R. E. (2023). Merangkul teknologi: Mengintegrasikan realitas virtual dalam pengalaman pembelajaran. Jurnal Pendidikan West Science, 1(06), 350-356.

Dakhi, A. S. (2020). Peningkatan hasil belajar siswa. Jurnal Education and development, 8(2), 468-468.

Arini, R. E. (2023). Merangkul teknologi: Mengintegrasikan realitas virtual dalam pengalaman pembelajaran. Jurnal Pendidikan West Science, 1(06), 350-356.

Budiyono, B. (2020). Inovasi pemanfaatan teknologi sebagai media pembelajaran di era revolusi 4.0. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 6(2), 300-309.

Dewi, N. K., Mulyana, I., Putra, A. S., & Radita, F. R. (2021). Konsep Robot Penjaga Toko Di Kombinasikan Dengan Pengendalian Virtual Reality (VR) Jarak Jauh. IKRA-ITH Informatika: Jurnal Komputer dan Informatika, 5(1), 33-38.

Dwistia, H., Sajdah, M., Awaliah, O., & Elfina, N. (2022). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Ar-Rusyd: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(2), 78-93.

Judijanto, L., Sitepu, E., & Baruno, Y. H. E. (2024). Analisis Bibliometrik tentang Penggunaan Realitas virtual (VR) dalam Pendidikan. Sanskara Pendidikan dan Pengajaran, 2(03), 150-162.

Keerthiwansha, N. B. S. (2018). Artificial Intelligence Education (AIEd) in English as a Second Language (ESL) Classroom in Sri Lanka. Artificial Intelligence, 6(1), 31- 36.

Nisa, A., & Dwiningsih, K. (2022). Analisis hasil belajar peserta didik melalui media visualisasi geometri molekul berbasis Mobile Virtual Reality (MVR). PENDIPA Journal of Science Education, 6(1), 135-142.

Putri, N. L. P. N. S., & Permana, P. T. H. (2020). Media pembelajaran dengan kecerdasan buatan dalam pembelajaran bahasa inggris generasi-z. Jurnal Sains Sosio Humaniora, 4(2), 756-767.

Rahmawati, S., Paradia, P. A., & Noor, F. M. (2021). Meta Analisis Media Pembelajaran IPA SMP/MTS Berbasis Virtual Reality. OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika, 5(1), 12-25.

Rosiyanti, H., & Muthmainnah, R. N. (2018). Penggunaan Gadget sebagai sumber belajar mempengaruhi hasil belajar pada mata kuliah matematika dasar. Fibonacci: jurnal pendidikan matematika dan matematika, 4(1), 25-36.

Saidah, L. N., Wijoyo, S. H., & Wicaksono, S. A. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Powerpoint untuk Meningkatkan Motivasi Belajar, Kebiasaan Belajar, dan Hasil Belajar Siswa di SMK Negeri 3 Malang. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 3(9), 8695-8705.

Salsabila, U. H., Lestari, W. M., Habibah, R., Andaresta, O., Yulianingsih, D., & Dahlan, U. A. (2020). Pemanfaatan teknologi media pembelajaran di masa pandemi covid-19. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(2), 1-13.

Sari, E. Y. (2019). Pengaruh penggunaan media pembelajaran buku pop-up terhadap hasil belajar siswa kelas IV SDN 2 Bendungan Kecamatan Gondang Kabupaten Tulungagung. Edustream: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(2), 16-22.

Suparmi, S. (2018). Penggunaan Media Komik Dalam Pembelajaran IPA di Sekolah. Journal of Natural Science and Integration, 1(1), 62-68.

Syaputra, A., Prasetya, F., Irzal, I., & Kurniawan, A. (2024). Pengaruh Media Pembelajaran Pengelasan Virtual Reality Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Teknik Pengelasan Smaw Kelas Xi Tpm Smk Negeri 5 Padang. Jurnal Vokasi Mekanika, 6(3), 266-270.

Tamara, E. U. (2021). Implementasi Teknologi Virtual Reality Pada Media Pembelajaran Animasi 3D (Doctoral dissertation, Politeknik Negeri Sriwijaya).

Tsaaqib, A., Buchori, A., & Endahwuri, D. (2022). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Virtual Reality (Vr) Pada Materi Trigonometri Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Matematika Siswa SMA. JIPMat, 7(1), 11-19.

Wahid, A. (2018). Jurnal pentingnya media pembelajaran dalam meningkatkan prestasi belajar. Istiqra: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam, 5(2).

Wulandari, T. D., Widiyatmoko, A., & Pamelasari, S. D. (2022, August). Keefektifan pembelajaran ipa berbantuan virtual reality untuk meningkatkan kemampuan kognitif siswa SMP di abad 21: Review artikel. In Proceeding Seminar Nasional IPA (pp. 106-115).

Zakiyan, N.Z. (2017). Perancangan Media Pembelajaran Virtualisasi Majidil Harram dengan Virtual Reality. In Prosiding Seminar Nasional Teknoka.

Zulfikri, A. (2023). Dampak Implementasi Teknologi Virtual Reality dalam Pembelajaran Matematika pada Siswa Sekolah Dasar di Kabupaten Sukabumi. Jurnal Pendidikan West Science, 1(04), 258-265




DOI: https://doi.org/10.24114/roda.v4i2.66443

Article Metrics

Abstract view : 21 times
PDF - 16 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.
slot gacor slot