Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Berita Dengan Menggunakan Model Cooperative Script Pada Siswa Kelas VIII-2 SMP Negeri 2 Kabanjahe Tahun Pelajaran 2018/2019
DOI:
https://doi.org/10.24114/sasindo.v8i1.14415Abstract
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran dan aktivitas pembelajarn dan peningkatan keterampilan menulis teks berita dengan menggunakan model cooperative script pada siswa kelas VIII-2 SMP Negeri 2 Kabanjahe. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri atas dua siklus. Fokus penelitian adalah aktivitas guru dan peserta didik serta hasil keterampilan menulis teks berita dengan menggunakan model cooperative script. Teknik pengumpulan data melalui observasi terhadap aktivitas guru dan peserta didik serta melalui teks menulis. Data penelitian berupa data proses dan data hasil. Data proses dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menujukan bahwa: (1) terjadi peningkatan aktivitas guru dan peserta didik dalam pembelajaran menulis teks berita dengan menggunakan model cooperative script. Hal tersebut dapat dilihat dari analisis observasi peneliti 56% sedangkan pada siklus II menunjukan peningkatan yaitu pada kategori sangat baik dengan prestase sebesar 80%. (2) terjadi peningkatan kemampuan menulis teks berita kelas VIII-2 SMP Negeri 2 Kabanjahe dengan model pembelajaran Cooperative script hal tersebut tampak dari hasil kemampuan menulis teks berita setiap siklus mengalami peningkatan. Pada siklus I yang masuk belum mencapai nilai KKM sebesar 56% dan pada siklus II terjadi peningkatan yaitu 20 siswa atau prestasi 80% dikategorikan tuntas atau prestasi 80%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model cooperative script dapat meningkatkan kemampuan menulis teks berita pada siswa kelas VIII-2 SMP Negeri 2 Kabanjahe.Downloads
Issue
Section
Articles