Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Berita Dengan Menggunakan Model Cooperative Script Pada Siswa Kelas VIII-2 SMP Negeri 2 Kabanjahe Tahun Pelajaran 2018/2019

Authors

  • Mira Dian Dora Br. Barus
  • Annisa Annisa
  • Ermina Waruwu

DOI:

https://doi.org/10.24114/sasindo.v8i1.14415

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk  mendeskripsikan pembelajaran dan aktivitas pembelajarn dan peningkatan keterampilan menulis teks berita dengan menggunakan model cooperative script  pada siswa kelas VIII-2 SMP Negeri 2 Kabanjahe. Jenis penelitian yang digunakan  adalah penelitian tindakan kelas  yang terdiri atas dua siklus. Fokus penelitian adalah  aktivitas guru dan peserta didik  serta hasil keterampilan menulis teks berita dengan menggunakan model cooperative script.  Teknik pengumpulan data  melalui observasi  terhadap aktivitas guru  dan peserta didik serta melalui teks menulis. Data penelitian berupa data proses dan data hasil. Data proses dianalisis secara  deskriptif kualitatif.            Hasil penelitian menujukan bahwa: (1) terjadi peningkatan aktivitas guru dan peserta didik dalam pembelajaran menulis teks berita dengan menggunakan model cooperative script. Hal tersebut dapat dilihat dari analisis observasi peneliti 56% sedangkan pada siklus II menunjukan peningkatan yaitu pada kategori sangat baik dengan prestase sebesar  80%. (2) terjadi peningkatan kemampuan menulis teks berita  kelas VIII-2 SMP Negeri 2 Kabanjahe dengan model pembelajaran Cooperative script  hal tersebut tampak dari hasil  kemampuan menulis teks berita setiap siklus mengalami peningkatan. Pada siklus I yang masuk belum mencapai nilai KKM sebesar 56% dan pada siklus II  terjadi peningkatan  yaitu 20 siswa  atau prestasi 80% dikategorikan tuntas atau prestasi 80%. Dengan demikian  dapat disimpulkan bahwa penggunaan model  cooperative script dapat meningkatkan kemampuan  menulis teks berita pada siswa kelas VIII-2 SMP Negeri 2 Kabanjahe.     

Downloads