PEMEROLEHAN BAHASA PADA ANAK SEKOLAH DASAR DI LINGKUNGAN ETNIS BATAK MANDAILING

Authors

  • Dian Alfani
  • Lilya Arindah Harahap
  • Trisnawati Hutagalung

DOI:

https://doi.org/10.24114/sasindo.v10i1.25478

Abstract

Abstrak Analisis ini merupakan analisis yang berguna memperdalam ilmu Psikolinguistik dalam analisis dengan sasaran subjek yaitu anak Sekolah Dasar yang berada di wilayah etnis Mandailing yaitu Kec. NA IX-X, Kab. Labuhan Batu Utara, Sumatera Utara. Fokus penelitian bertujuan  untuk memperoleh hasil analisis pemerolehan bahasa terhadap anak Sekolah Dasar di lingkungan etnis Btak Mandailing. Rumusan masalah yang diajukan adalah bagaimana bahasa Indonesia itu diperoleh pada anak yang penggunaan bahasa sehari-harinya adalah bahasa daerah. Penelitian termasuk kedalam jenis deskriptif kualitatif yang kerap digunakan untuk menganalisis kejadian, fenomena, atau keadaan secara sosial. Kualitatif adalah penelitian yang yang bermaksud untuka memahami fenomena yang dialami oleh subjek penelitian secara holistic dan dengan cara deskripsi dalam bentuk kata-kata dan bahasa.  Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi langsung kepada penutur bahasa yang menjadi subjek penelitian. Kata Kunci: Psikolinguistik, pemerolehan Bahasa

Downloads

Published

2021-06-06