NILAI-NILAI PENDIDIKAN DALAM UMPASA PADA ADAT PERKAWINAN BATAK TOBA
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Nilai-nilai Pendidikan Dalam Umpasa Pada Adat Perkawinan Batak Toba dengan kajian Sosiologi Sastra. Jenis penelitian yang dipakai adalah penelitian kualitatif dengan metode penelitian deskriptif yang menggambarkan atau melukiskan gejala dan fakta secara sistematis. Teknik pengumpulan data yang digunakan untuk memperoleh data yaitu dengan menyimak rekaman video dan wawancara. Dari hasil penelitian diperoleh Nilai-nilai pendidikan yang terdapat dalam umpasa pada Adat Perkawinan Batak Toba yaitu nilai religius terdiri dari 12 buah umpasa, nilai moral terdiri dari 4 buah umpasa, nilai sosial terdiri dari 6 buah umpasa dan nilai budaya terdiri dari 3 buah umpasa. Dari data tersebut, maka dapat diketahui bahwa nilai pendidikan yang paling dominan yaitu nilai religius sebanyak 12 buah umpasa. Penulis berharap ada penelitian lanjutan yang lebih mendalam terhadap Nilai-nilai Pendidikan Dalam Umpasa Pada Adat Perkawinan Batak Toba dengan kajian yang berbeda untuk mendapatkan hasil kajian yang lebih sempurna.
Kata kunci: Nilai Pendidikan, Perkawinan Batak Toba, Umpasa
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/sasindo.v10i1.25479
Article Metrics
Abstract view : 390 timesPDF - 873 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 JURNAL SASINDO (Program Studi Sastra Indonesia FBS UNIMED)
...............................................................................................................
p-ISSN: 2301-590X
e-ISSN: 2985-7465
...............................................................................................................
JURNAL SASTRA INDONESIA (SASINDO)
Program Studi Sastra Indonesia
Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia
Fakultas Bahasa dan Seni
Universitas Negeri Medan
Jalan Willem Iskandar Pasar 5 Medan Estate Kode Pos 20221 Provinsi Sumatra Utara
Telpon 081370069751 - 081928311107
Email: jurnalsasindounimed@unimed.ac.id
...............................................................................................................
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.