ANALISIS PEMEROLEHAN BAHASA PADA ANAK REMAJA SUKU MELAYU DALAM KAJIAN PSIKOLINGUISTIK

Safira Sinta Bela Sinaga, Lilia Septia Ningsih, Rosdiana Siregar

Abstract


Abstrak

Sejak lahir baik secara tersirat atau tersurat, bahasa telah digunakan secara otodidak. Manusia tumbuh dan berkembang berdampingan dengan bahasa. Sejak usia 1 hari, ia telah belajar untuk mendengar. Kemampuan ini sudah mendarah daging bahasa itu dan dipelajari selama sukma terkembang. Anak - anak pada masa perkembangan adalah anak - anak yang dalam proses menyimpan kosa kata, dialeg dan kebiasaan berbahasa dari lingkungan sekitarnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pemerolehan bahasa pada anak remaja suku melayu. Penelitian dilakukan dengan cara metode observasi dan wawancara. Pemerolen bahasa oleh anak didominasi oleh keluarganya sendiri. Seorang anak akan mendengar, memahami, serta memahami bahasa yang ia terima sehingga menjadi gudang kosa katanya dalam pemerolehan bahasa.

Kata kunci: pemerolehan bahasa, anak-anak, manusia


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/sasindo.v10i1.25489

Article Metrics

Abstract view : 430 times
PDF - 893 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 JURNAL SASINDO (Program Studi Sastra Indonesia FBS UNIMED)



...............................................................................................................
p-ISSN: 2301-590X
e-ISSN: 2985-7465
...............................................................................................................
JURNAL SASTRA INDONESIA (SASINDO)
Program Studi Sastra Indonesia
Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia
Fakultas Bahasa dan Seni
Universitas Negeri Medan
Jalan Willem Iskandar Pasar 5 Medan Estate Kode Pos 20221 Provinsi Sumatra Utara
Telpon 081370069751 - 081928311107
Email: jurnalsasindounimed@unimed.ac.id

...............................................................................................................

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.