PENGGUNAAN MAJAS SINDIRAN DALAM KONTEN VIDEO YOUTUBE ARIF MUHAMMAD

Dinda Asri Juli Ayu Br. Ginting, Rosmaini Rosmaini

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji jenis-jenis dan makna penggunaan majas sindiran dalam konten video youtube Arif Muhammad. Teori yang dipakai dalam penelitian ini ialah teori majas sindiran Keraf. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik simak dan catat. Teknik ini digunakan agar memperoleh data secara rinci dan menyeluruh. Dari hasil penelitian, didapatkan 115 penggunaan majas sindiran dalam ungkapan antar tokoh dalam konten video youtube Arif Muhammad. Jenis majas yang paling banyak ditemukan adalah majas sarkasme sebanyak 71 ungkapan, selanjutnya diikuti majas sinisme sebanyak 40 ungkapan, dan yang paling terendah ialah majas ironi sebanyak 4 ungkapan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa makna penggunaan majas sindiran yang terdapat pada konten video youtube Arif Muhammad yaitu untuk menciptakan efek emotif tertentu dan meningkatkan makna serta kesannya terhadap seseorang yang mendengar.

Kata kunci: Majas Sindiran, Ungkapan, Tokoh


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/sasindo.v10i2.31147

Article Metrics

Abstract view : 457 times
PDF - 938 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 JURNAL SASINDO (Program Studi Sastra Indonesia FBS UNIMED)



...............................................................................................................
p-ISSN: 2301-590X
e-ISSN: 2985-7465
...............................................................................................................
JURNAL SASTRA INDONESIA (SASINDO)
Program Studi Sastra Indonesia
Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia
Fakultas Bahasa dan Seni
Universitas Negeri Medan
Jalan Willem Iskandar Pasar 5 Medan Estate Kode Pos 20221 Provinsi Sumatra Utara
Telpon 081370069751 - 081928311107
Email: jurnalsasindounimed@unimed.ac.id

...............................................................................................................

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.