ANALISIS SEMIOTIKA WACANA IKLAN SABUN MANDI DAN SAMPO PADA MAJALAH BOBO

Authors

  • Ferry Anggriawan

DOI:

https://doi.org/10.24114/sasindo.v5i2.4137

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan makna dalam iklan sabun mandi dan sampo pada Majalah Bobo menggunakan peta tanda semiotik Barthes, serta mendeskripsikan jenis wacana ditinjau dari tujuan komunikasi yang terdapat dalam iklan tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data adalah derngan menggunakan dokumentasi poto iklan-iklan sabun mandi dan sampo yang terdapat pada Majalah Bobo. Teknik analisis data adalah mengumpulkan dan mendokumentasikan objek kajian, mengidentifikasi data, menganalisis secara deskriptif dengan teori semiotik, dan kemudian melakukan kesimpulan. Hasil penelitian mendeskipsikan makna-makna yang terkandung di dalam iklan sabun mandi dan sampo Kodomo Kids Series, Cussons Kids versi Buat Cerita Seru Saat Mandi, dan Zwitsal Kids versi Hadiah Langsung, baik itu makna denotasi dan makna konotasi.Pada masing-masing iklan tersebut memiliki makna denotasi yang sama yakni memperkenalkan produk baru dari masing-masing iklan yang dipromosikan. Makna konotasi pada setiap iklan sangat beragam, penentuan makna atau interpretasi sangat tergantung dari pengetahuan, pengalaman, latar belakang, dan bahkan emosi dari pembaca. Serta mendeskripsikan jenis wacana ditinjau dari tujuan komunikasi yang terdapat dalam iklan tersebut, yakni wacana deskripsi dan persuasi.   Kata kunci: analisis semiotika, wacana, iklan  

Downloads