GAYA BAHASA PERBANDINGAN DALAM SINANDONG MELAYU TANJUNG BALAI

Hida Al Maida, Emma Marsella, Dwi Widayati

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui makna dari gaya Bahasa dan diksi-diksi yang terkandung dalam Sinandong Melayu Tanjung Balai dengan menggunakan kajian stilistika yang bermanfaat untuk mengembangkan dan melestarikan seni kebudayaan Sinandong Melayu Tanjung Balai. Pradopo (2020: 2) menjelaskan bahwa stilistika adalah ilmu tentang gaya (bahasa). Gaya Bahasa dibagi menjadi gaya Bahasa perulangan, gaya Bahasa perbandingan, gaya Bahasa pertentangan, dan gaya Bahasa pertautan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan analisis isi.  Sumber dari penelitian ini adalah Sinandong Melayu Tanjung Balai dengan data berupa kata-kata atau kalimat yang ditemukan melalui teknik telaah pustaka, analisisi data, dan pengolahan data. Hasil penelitian ditemukan banyak sekali gaya Bahasa dan diksi dalam Sinandong Melayu Tanjung Balai yang mengandung makna sarat akan nasehat, pelajaran hidup, petuah-petuah orang tua, dan lain-lain.

Kata kunci: analisis, gaya bahasa, sinandong Melayu, Stilistika

 

Abstrack

This study aims to determine the meaning of the language style and dictions contained in the Tanjung Balai Malay Sinandong by using stylistic studies that are useful for developing and preserving the Tanjung Balai Malay Sinandong cultural arts. Pradopo (2020: 2) explains that stylistics is the science of style (language). Language style is divided into repetition language style, comparative language style, contradicting language style, and linking language style. The method used in this study is a qualitative descriptive method with a content analysis approach. The source of this research is the Tanjung Balai Malay Sinandong with data in the form of words or sentences found through literature review techniques, data analysis, and data processing. The results of the study found that there are many styles of language and diction in Tanjung Balai Malay Sinandong which contain meanings full of advice, life lessons, advice from parents, and others.

Keywords: analysis, language style, sinandong Melayu, Stylistics


Full Text:

PDF

References


Ahmadi, Anas. 2019. Metode Penelitian Sastra. Gresik: Penerbit Graniti

Andhini, Ariyani Dwi dan Zainal Arifin. 2021. “Gaya Bahasa Perbandingan dalam Novel Catatan Juang Karya Fiersa Besari: Kajian Stilistika dan Relevansinya Sebagai Bahan Ajar Sastra di SMA. Enggang: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya. Volume 2, Nomor 2. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Irmayanti, dkk. 2022. “Pemanfaatan Cerita Rakyat Sinandong Gubang dalam Nilai-Nilai Kearifan Lokal pada Masyarakat Tanjung Balai”. Putri Hijau: Jurnal Pendidikan Sejarah. Volume 07, Nomor 1. Universitas Negeri Medan.

Keraf, Gorys. 2006. Diksi dan Gaya Bahasa. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Laila, Aruna. 2016. “Gaya Bahasa Perbandingan dalam Kumpulan Puisi Melihat Api Bekerja Karya M. Aan Mansyur (Tinjauan Stilistika)”. Jurnal Gramatika (Jurnal Penelitian Bahasa dan Sastra Indonesia). Volume 2.i2. STKIP PGRI Sumatera Barat.

Pradopo, Rachmat Djoko. 2020. Stilistika. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Sahril. 2007. “Senandung dan Estetika Melayu”. Medan Makna. Volume 4.

Sendari, Anugerah Ayu. 2019. Mengenal Jenis Penelitian Deskriptif Kualitatif pada Sebuah Tulisan Ilmiah (online). https://hot.liputan6.com/read/4032771/mengenal-jenis-penelitian-deskriptif-kualitatif-pada-sebuah-tulisan-ilmiah. Diakses pada tanggal 20 November 2022.

Setyaningsih, Ika. 2019. Ragam Gaya Bahasa. Yogyakarta: PT. Penerbit Intan Pariwara.

Susilo, Hariadi dan Emma Marsella. 2022. Ekspresi Stilistika dalam Wacana. Medan: CV. Prokreatif.

Takari, Muhammad dan Fadlin. 2018. Sastra Melayu Sumatera Utara. Medan: Program Studi Magister Penciptaan dan Pengkajian Seni, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Sumatera Utara.

Tarigan, Henry Guntur. 2021. Pengajaran Gaya Bahasa. Bandung: Penerbit Angkasa Bandung.

Umami, Sahrul. 2020. “Gaya Bahasa Perbandingan dalam Kumpulan Puisi dalam Pembelajaran Sastra di SMA”. El-Banar: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran. Volume 03, Nomor 01. Daerah Khusus Ibukota Jakarta.

Yuliantini, Yanti Dwi. 2017. “Semiotika dalam Novel Rembulan Tenggelam di Wajahmu Karya Tere Liye”. Jurnal LIterasi. Universitas Galuh. Jawa Barat.




DOI: https://doi.org/10.24114/sasindo.v12i1.44815

Article Metrics

Abstract view : 143 times
PDF - 152 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Hida Al Maida, Emma Marsella

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

...............................................................................................................
p-ISSN: 2301-590X
e-ISSN: 2985-7465
...............................................................................................................
JURNAL SASTRA INDONESIA (SASINDO)
Program Studi Sastra Indonesia
Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia
Fakultas Bahasa dan Seni
Universitas Negeri Medan
Jalan Willem Iskandar Pasar 5 Medan Estate Kode Pos 20221 Provinsi Sumatra Utara
Telpon 081370069751 - 081928311107
Email: jurnalsasindounimed@unimed.ac.id

...............................................................................................................

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.