REPRESENTASI BUDAYA PATRIARKI DALAM FILM NGERI-NGERI SEDAP KARYA BENE DION RAJAGUKGUK
DOI:
https://doi.org/10.24114/sasindo.v12i1.44875Abstract
AbstrakArtikel ini bertujuan untuk merepresentasikan budaya patriarki yang terdapat dalam film Ngeri-ngeri Sedap karya Bene Dion Rajagukguk. Penelitian ini menggunakan teori semiotika dengan pendekatan kualitatif untuk memahami makna budaya patriarki dalam film Ngeri-ngeri Sedap. Sumber penelitian ini adalah film Ngeri-ngeri Sedap dan sumber bacaan yang mendukung data, seperti informasi dari buku-buku dan jurnal yang berkaitan dengan penelitian ini. Hasil penelitian ini berupa kumpulan deskripsi budaya patriarki dalam film Ngeri-ngeri Sedap karya Bene Dion Rajagukguk.Kata kunci : Patriarki, Ngeri-ngeri Sedap, Batak. AbstractThis article aims to represent the patriarchal culture found in the movie Ngeri-ngeri Sedap by Bene Dion Rajagukguk. This research uses semiotic theory with a qualitative approach to understand the meaning of patriarchal culture in Ngeri-ngeri Sedap movie. The sources of this research are Ngeri-ngeri Sedap movie and reading sources that support the data, such as information from books and journals related to this research. The result of this research is a collection of descriptions of patriarchal culture in the movie Ngeri-ngeri Sedap by Bene Dion Rajagukguk.Keywords : Patriarchy, Ngeri-ngeri Sedap, Batak.References
Hall, Stuart. 1997. Representation: Cultural Representations and Signifying Practices. London: Sage Publications.
Israpil, I. (2017). Budaya Patriarki dan Kekerasan Terhadap Perempuan (Sejarah dan Perkembangannya). Pusaka, 5(2), 141“150. https://doi.org/10.31969/pusaka.v5i2.176
Karkono, K., Maulida, J., & Rahmadiyanti, P. S. (2020). Budaya Patriarki Dalam Film Kartini (2017) Karya Hanung Bramantyo. Kawruh : Journal of Language Education, Literature and Local Culture, 2(1), 15“27. https://doi.org/10.32585/kawruh.v2i1.651
Pinem, Saroha. 2009. Kesehatan Reproduksi dan Kontrasepsi. Jakarta: Trans Media.
Pranata, yogi hadi. (2020). REPRESENTASI PRIA METROSEKSUAL DALAM IKLAN TELEVISI PRODUK PERAWATAN WAJAH PRIA (Analisis Semiotika Pada Iklan Produk Perawatan Wajah Garnier Man “ Turbo Light Oil Control 3 in 1 Charcoal). Universitas Muhammadiyah Malang, July, 1“23.
Sakina, A. I., & A., D. H. S. (2017). Menyoroti Budaya Patriarki Di Indonesia. Share : Social Work Journal, 7(1), 71. https://doi.org/10.24198/share.v7i1.13820
Wibowo, F. (2006). Tenik Program Televisi. Yogyakarta: Pinus Book Publisher. Hal:196 1. 1“16.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Nesa Riska Pangesti, Rara Yunisha

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.