NILAI PENDIDIKAN DALAM NOVEL MIMPI-MIMPI JOKOWI KARYA HARYO WIBISONO: KAJIAN SOSIOLOGI SASTRA

Siti Nur Shabrina, Riswanda Himawan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui latar belakang sosial budaya masyarakat dan menjelaskan nilai-nilai dalam novel Mimpi-Mimpi Jokowi karya Haryo Wibisono. Dengan menganalisis sumber pustaka (novel). Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif. Metode diskriptif digunakan untuk mendeskripsikan secara analisis latar belakang sosial budaya masyarakat dan menjelaskan nilai-nilai dalam novel. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis dokumen. Teknik analisis data yaitu model Milles and Huberman yang terdiri atas empat tahapan. Berdasarkan hasil penelitian dengan kajian sosisologi sastra dalam novel Mimpi-Mimpi Jokowi karya Haryo Wibisono, diketahui bahwa novel tersebut merupakan cerminan masyarakat Jawa pada zaman sekarang. Hal tersebut bisa terlihat dari penggambaran; adat dan kepercayaan, bahasa yang digunakan, suku atau adat yang masih kental, tempat, dan latar sosio kultural. Selain itu, terdapat nilai-nilai pendidikan meliputi: nilai pendidikan sosial, nilai pendidikan agama, nilai pendidikan moral, nilai pendidikan ekonomi, nilai kegigihan, nilai kepedulian, dan nilai religius.

 Kata kunci: Sosiologi sastra, nilai pendidikan, novel

 


Full Text:

PDF

References


Akbar, Syahrizal. (2012). Kajian Sosiologi Sastra dan Nilai Pendidikan dalam Novel Tuan Guru Karya Salman Faris. Tesis, Universitas Sebelas Maret.

Al Ma’ruf, Ali Imron & Nugrahani, Farida. (2017). Pengkajian Sastra Teori dan Aplikasi. Surakarta: CV Dwijiwa Amarta

Andriyanto, Octo Dend., Supratno, Hari., & Tjahjono, Tengsoe. (2020). Nilai-nilai Pendidikan dalam Novel Dhadhung Kepuntir karya Tulus S. (Pendekatan Sosiologi Sastra Swingewood). Jurnal Sastra Jawa, 8 (2), 109-122.

Faruk. (2012). Pengantar Sosiologi Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Gusnetti, Dkk. (2015). Struktur dan Nilai-Nilai Pendidikan dalam Cerita Rakyat Kabupaten Tanah Datar Provinsi Sumatera Barat. Jurnal Gramatika Jurnal Penelitian Bahasa dan Sastra Indonesia V1.I2 (183-192).

Ismawati, Esti. (2013). Pengajaran Sastra. Yogyakarta: Ombak

King, J.E. and O. I. Williamson, I. O. (2005). “Workplace religious expression, religiosity, and job satisfaction: clarifying a relationship.” Journal of Management, Spirituality, and Religion, (2), 173-198

Nasution, W. (2016). Kajian sosiologi sastra novel Dua Ibu karya Arswendo Atmowiloto: Suatu tinjauan sastra. Jurnal Metamorfosa, 4(1), 14-27.

Nurgiyantoro, Burhan. (2002). Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Octaviana, D. W. (2018). Analisis Nilai-Nilai Pendidikan dalam Novel Uhibbuka Fillah (Aku Mencintaimu Karena Allah) Karya Ririn Rahayu Astuti Ningrum: Kajian Sosiologi Sastra. Jurnal Kata: Penelitian tentang Ilmu Bahasa dan Sastra, 2(2), 182-191.

Sipayung, M. E. (2016). Konflik sosial dalam novel Maryam karya Okky Madasari: Kajian sosiologi sastra. Sintesis, 10(1), 22-34.

Solihat, Ilmi. (2016). Nilai-Nilai Pendidikan dalam Novelet Karya Gola Gong (Kajian Strukturalisme Dinamik). Jurnal Membaca Bahasa dan Sastra, 1 (1). 77-86.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Suhardiyanto. (2001). Pendidikan Religiusitas. Jogjakarta: Kanisius

Suwardi. (2011). Bahan Kuliah Sosiologi Sastra. Dari

Syaidah, Amir, Israwati. (2019). Nilai Pendidikan Karakter dalam Novel “Ayah” Karya Andrea Hirata dan Kontribusinya Terhadap Pengajaran Sastra Indonesia. Repository.unmuhjember.ac.id, 7 (2). 321-333.

Wahyudi, Tri. (2013). Sosiologi Sastra Alan Swingewood Sebuah Teori. Jurnal Poetika ,1 (1). 55-56.

Waluyo, Herman J. (2002). Apresiasi dan Pengkajian Prosa Fiksi. Salatiga: Widya Sari Press

Wellek, Rene &Warren Austin. (1993). Teori Kesusastraan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Yudistyanto, Uky Mareta. (2013). Pendekatan Sosiologi Sastra, Resepsi Sastra dan Nilai Pendidikan dalam Novel Pulang Karya Leila S. Chudori. Tesis, Universitas Sebelas Maret. Diakses dari

Yuniarti, Netti. (2013). Analisis Aspek Kejiwaan Tokoh Dan Nilai Pendidikan Karakter Novel Surat Dahlan Karya Khrtisna Pabichara (Kajian Psikologi Sastra). Jurnal Pendidikan Bahasa, 2 (2). 219-235.




DOI: https://doi.org/10.24114/sasindo.v12i2.47298

Article Metrics

Abstract view : 95 times
PDF - 65 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Siti Nur Shabrina, Riswanda Himawan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

...............................................................................................................
p-ISSN: 2301-590X
e-ISSN: 2985-7465
...............................................................................................................
JURNAL SASTRA INDONESIA (SASINDO)
Program Studi Sastra Indonesia
Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia
Fakultas Bahasa dan Seni
Universitas Negeri Medan
Jalan Willem Iskandar Pasar 5 Medan Estate Kode Pos 20221 Provinsi Sumatra Utara
Telpon 081370069751 - 081928311107
Email: jurnalsasindounimed@unimed.ac.id

...............................................................................................................

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.