KONFLIK BATIN DAN NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL SAGARAS KARYA TERE LIYE TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMP
Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mendeskrispsikan aspek kejiwaan tokoh utama, nilai pendidikan, dan relevansi terhadap pembelajaran bahasa Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan psikologi sastra. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik analisis dokumen dan teknik wawancara.Teknik analisis data menggunakan teknik analisis mengalir interaktif, yaitu (1) reduksi data, (2) penyajian data, dan (3) penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) wujud konflik batin tokoh utama dalam novel Sagaras karya Tere Liye, 2) nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam novel meliputi rasa ingin tahu, kerja keras, sosial, moral, bersahabat, dan jujur, dan 3) novel Sagaras karya Tere Liye relevan dengan pembelajaran bahasa Indonesia di SMP karena sesuai dengan kriteria bahan ajar yang baik serta memberikan pengaruh nilai positif yang dapat direalisasikan untuk kehidupan sehari-hari.
Kata kunci: psikologi sastra, nilai pendidikan karakter, pembelajaran bahasa Indonesia
Full Text:
PDFReferences
Ahmadi, A. (2015). Psikologi Sastra. Surabaya: Unesa University Press.
Alwisol. (2007). Psikologi Kepribadian. Malang: UMM Press.
Freud, S. (2006). Pengantar Umum Psikoanalisis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Kasnadi, & Sutejo. (2010). Kajian Prosa: Kiat Menyisir Dunia Prosa. Ponorogo: P2MP SPECTRUM.
Kemendiknas. (2010). Desain Induk Pendidikan Karakter. Jakarta: Kemendiknas.
Lickona, T. (1991). Educating for Character, Mendidik untuk Membentuk Karakter. Jakarta: Bumi Aksara.
Liye, T. (2022). SAGARAS. Jakarta: SABAKGRIP.
Minderop, A. (2010). Psikologi Sastra: Karya Sastra, Metode, Teori, dan Contoh Kasus. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.
Minderop, A. (2013). Psikologi Sastra. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.
Minderop, A. (2016). Psikologi Sastra: Karya Sastra, Metode, Teori. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.
Prawira, P. (2013). Psikologi Pendidikan dalam Perspektif Baru. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Ramdhan, M. (2021). Metode Penelitian. Surabaya: Cipta Media Nusantara.
Ratna, N. K. (2004). Teori, Metode dan Teknik Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Rokhmansyah, A. (2014). Studi dan Pengkajian Sastra: Perkenalan Awal Terhadap Ilmu Sastra. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Saragih, A. K., Manik, N. S., & Samosir, R. R. (2021). Hubungan Imajinasi dengan Karya Sastra Novel. Jurnal Sastra, 100-110.
Satriawan, B., & Hasjim, N. (2013). Konflik Batin Tokoh Ahmad Leonardo Dalam Novel Air Mata Nayla Karya Muhammad Ardiansha El-Zhemary: Tinjauan Psikologi Sastra Dan Implementasinya Dalam Pembelajaran Sastra Di SMP (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).
Semiun, Y. (2006). Kesehatan Mental 3. Yogyakarta: Penerbit Kanisius.
Septiana, H., & Isnaniah, S. (2020). Kajian Struktural dan Nilai-Nilai Pendidikan dalam Novel Hayya Karya Helvy Tiana Rosa dan Benny Arnas. Klitika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 11-38.
Sumantri, E. (2008). Seabad Kebangkitan Nasional. Bandung: Yasindo Multi Aspek.
Susiati, S., Tenriawali, A., Nursin, N., Nacikit, J., & Mukadar, S. (2020). Nilai Edukasi dalam Novel Partikel Karya Dewi Lestari:(The Value of Education in Particle Novels by Dewi Lestari). Uniqbu Journal of Social Sciences, 1(3), 176-183.
Tara, S. N. (2019). Konflik Batin Tokoh Utama dalam Novel Karya Ruwi Meita Tinjauan Psikologi Sastra dan Relevansinya Sebagai Bahan Ajar Sastra Indonesia di SMA. Basastra: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 7(1), 103-112.
Waluyo, H. J. (2011). Pengkajian dan Apresiasi Prosa Fiksi. Surakarta: UNS Press.
Wellek, R., & Austin, W. (2014). Teori Kesusastraan. Jakarta: Gramedia.
DOI: https://doi.org/10.24114/sasindo.v12i3.48572
Article Metrics
Abstract view : 80 timesPDF - 103 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Dea Rahmanita Ayuningtyas, Kundharu Saddhono, Atikah Anindyarini
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
...............................................................................................................
p-ISSN: 2301-590X
e-ISSN: 2985-7465
...............................................................................................................
JURNAL SASTRA INDONESIA (SASINDO)
Program Studi Sastra Indonesia
Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia
Fakultas Bahasa dan Seni
Universitas Negeri Medan
Jalan Willem Iskandar Pasar 5 Medan Estate Kode Pos 20221 Provinsi Sumatra Utara
Telpon 081370069751 - 081928311107
Email: jurnalsasindounimed@unimed.ac.id
...............................................................................................................
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.