NILAI-NILAI PENDIDIKAN PROFETIK DALAM NOVEL HIJRAH TERINDAH KARYA INDAH NUR SAFITRI DAN JAYMES R DAN IMPLIKASINYA PADA PENGAJARAN SASTRA

Jenita Zhabila, Henny Nopriyani, Pepes Redi Juliansa

Abstract


Rumusan masalah dalam penelitian ini “Bagaimanakah nilai-nilai Pendidikan profetik dalam novel Hijrah Terindah karya Indah Nur Safitri dan Jaymes R dan implikasinya pada pengajaran sastra”. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan profetik yang terkandung dalam novel Hijrah Terindah karya Indah Nur Safitri dan Jaymes R dan mengimplikasikan nilai-nilai pendidikan profetik tersebut pada pengajaran sastra. Penelitian ini menggunakan teori nilai pendidikan profetik menurut Zainiyati. Peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah studi Pustaka yang melalui membaca, dan mencatat serta mengolah bahan penelitian. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis isi untuk menganalisis isi pesan dan mengolah pesan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Nilai-nilai Pendidikan Profetik dalam Novel Hijrah Terindah Karya Indah Nur Safitri dan Jaymes R  yaitu : (a) Nilai Shidiq yang peneliti temukan ada 11, 9 sifat tulus dan 2 sifat jujur, (b) Nilai amanah yang peneliti temukan ada 8, 4 sifat dapat dipercaya, 3 sifat bertanggung jawab dalam perbuatannya dan 1 sifat bertanggung jawab dalam perkataannya, (c) Nilai tabligh yang peneliti temukan ada 16 kutipan menyampaikan kebenaran, (d) Nilai fathonah yang peneliti temukan ada 9 kutipan pandai dalam bertutur kata dan pandai memberikan nasihat baik. (2) Hasil implikasi menujukkan jumlah siswa kelas XI IPS 1 SMA Muhammadiyah Pagar Alam yang mampu menjawab kutipan nilai shidiq yang terdapat dalam novel Hijrah Terindah karya Indah Nur Safitri dan Jaymes R terdapat 27 dari 29 peserta didik dengan nilai rerata (93%), untuk nilai amanah terdapat 29 dari 29 peserta didik dengan nilai rerata (100%), sedangkan nilai tabligh terdapat 29 dari 29 peserta didik dengan nilai rerata (100%), dan untuk nilai fathonah terdapat 23 dari 29 peserta didik dengan nilai rerata (79%). Dari keempat nilai tersebut, nilai-nilai pendidikan profetik yang paling dipahami dan dimengerti oleh peserta didik yaitu nilai amanah dan nilai tabligh dengan nilai rerata (100%).

Kata kunci:  nilai, pendidikan, profetik, hijrah terindah, implikasi


Full Text:

PDF

References


Afrizal. 2017. Metode Penelitian Kualitatif Upaya Mendukung Penggunaan Kualitatif Dalam Berbagai Disiplin Ilmu. Depok, Rajawali Press.

Asyifa, Nur Ayu. Nilai-nilai Pendidikan Profetik dalam Novel Surga yang Tak Dirindukan Karya Asma Nadia.2018: 16.

Atiqullah. 2019. Penguatan Pendidikan Karakter Profetik (Implementasinya Di Sekolah Dasar Islam Terpadu). Surabaya: CV. Jakat Media Publishing.

Dewi, Kusuma Indah, Mashyar Ali. 2019. Nilai-nilai Profetik dalam Kepemimpinan Modern Pada Manajemen Kerja. Lampung: CV Gre Publishing.

Diana, Yesi dkk. 2017. Nilai-nilai Profetik Novel Bulan Terbelah Di Langit Amerika Karya Hanum Salsabiela Rais dan Rangga Almahendra dan Pengembangan Bahan Ajar Sastra Di MA.Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.

Endraswara, Suwardi. 2013. Metodologi Penelitian Sastra. Yogyakarta: CAPS.

Emzir dan Rohman. 2016. Teori dan Pengajaran Sastra. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Hatim, Magdad. 2021. Kesepadanan Gramatikal Terjemahan Novel Laskar Pelangi Oleh Andrea Hiranata Ke dalam Bahasa Inggris Melalui Google Translate. Jawa Tengah : Lakeisha.

https://www.google.com/amp/s/amp.kompas.com/nasional/read/2021/08/23/18010551/awal-mula-kasus-korupsi-bansos-covid-19-yang-menjerat-juliari-hingga divonis.

https://www.google.com/amp/s/amp.kompas.com/nasional/read/2023/01/04/16544421/lin-che-wei-dan-4-terdakwa-kasus-korupsi-ekspor-cpo-masih-pikir-pikir-untuk

Jabrohim. 2017. Teori Penelitian Sastra. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Jalalludin, Muhammad dkk. 2021. Nilai Profetik dalam Novel Muhammad: Lelaki Penggenggam Hujan Karya Tasaro G.K (Struktur Semiotik). Jurnal Pendidikan Bahasa.

Nurdiani dkk. Nilai Religius dalam Novel Daun Pun Berdzikir Karya Taufiqurrahman Al-Azizy dan Rencana Implementasinya. Jurnal Pendidikan Bahasa. 2017: 3-4.

Nurgiyantoro, Burhan. 2015. Teori Pengkajian Sastra. Bulaksumur: Gadjah Mada University Press.

Ramdhan, Muhammad. 2021. Metode Penelitian. Surabaya: Cipta Media Nusantara (CMN).

Sidiq dan Choiri. 2019. Metode Penelitian Kualitatif Dibidang Pendidikan. Ponorogo: CV Nata Karya.

Sitoyo dan Sidiq. 2015. Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing.

Wicaksono, Andri. 2017. Pengkajian Prosa Fiksi. Yogyakarta: Garudhawaca.

Zainiyati, Salamah Husniyatus dkk. 2020. Pendidikan Profetik Aktualisasi & Internalisasi dalam Pembentukan Karakter. Jawa Barat: Goresan Pena.




DOI: https://doi.org/10.24114/sasindo.v12i3.49511

Article Metrics

Abstract view : 12 times
PDF - 10 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jenita Zhabila, Henny Nopriyani, Pepes Redi Juliansa

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

...............................................................................................................
p-ISSN: 2301-590X
e-ISSN: 2985-7465
...............................................................................................................
JURNAL SASTRA INDONESIA (SASINDO)
Program Studi Sastra Indonesia
Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia
Fakultas Bahasa dan Seni
Universitas Negeri Medan
Jalan Willem Iskandar Pasar 5 Medan Estate Kode Pos 20221 Provinsi Sumatra Utara
Telpon 081370069751 - 081928311107
Email: jurnalsasindounimed@unimed.ac.id

...............................................................................................................

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.