CAMPUR KODE DALAM VIDEO YOUTUBE HAS CREATIVE

Akhmad Sururi Habibulloh, Sri Yanuarsih, I Wayan Letreng

Abstract


Bahasa merupakan elemen vital dalam proses berkomunikasi. campur kode sering terjadi sebagai hasil dari kontak bahasa. Penggunaannya dapat dijumpai pada jejaring sosial. Salah satunya bisa dilihat di kanal HAS Creative. Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk memaparkan dan memperoleh gambaran secara mendalam mengenai bentuk dan jenis campur kode dalam video Youtube HAS Creative. Metodenya deskriptif kualitatif dengan mengumpulkan dan menganalisis data dari transkrip video berjudul, “PWK – BROKEN HOME JADI PRIVILEGE, OZA RANGKUTI “ANAK JAMAN SEKARANG PADA MAU ORANG TUANYA CERE”. Teknik pengumpulan data yakni mengunduh, menonton, mencatat, mentranskrip, korpus, reduksi, dan data. Hasil penelitian menunjukkan ada enam bentuk campur kode, yakni: (1) bentuk kata, meliputi: chef, sorry, hijrah, (2) bentuk frasa, antara lain: right now, partner gua, mention gua, (3) bentuk baster, seperti: ngefans, viewersnya, (4) bentuk kata ulang, diantaranya: crew-crew, bocah-bocah, sexy-sexy, (5) bentuk idiom, yakni: broken home, lone wolf, dan (6) bentuk klausa: contohnya: gue ngehandle duitnya tolol. Selain itu jenis campur kode yang terdapat dalam video YouTube HAS Creative, adalah campur kode: (1) ke dalam, seperti: aneh banget bocah-bocah sekarang, (2) ke luar, contohnya: overhinking tentang masakan Padang, dan (3) campuran, yaitu: gua naruh point of viewnya.

Kata kunci: campur kode, video youtube, HAS creative


Full Text:

PDF

References


Adnyana, P. E. S. (2023). Teks Adiparwa dalam Kajian Sosiolinguistik: Kontak Bahasa Sanskerta dalam Bahasa Jawa Kuna. Kalangwan Jurnal Pendidikan Agama, Bahasa dan Sastra, 13(1), 90-98.

Aisyah, S. (2022). Alih Kode dan Campur Kode pada Podcast Puella Id.

Faiqah, F., Nadjib, M., & Amir, AS (2016). Youtube sebagai Sarana Komunikasi Bagi Komunitas Makassar Vidgram. KAREBA: Jurnal Ilmu Komunikasi, 259-272.

Faridlwan, M.F. (2017). Campur Kode dalam Penggunaan Ragam Bahsa Penyia Radio Pesada. Universits PGRI Ronggolawe (Unirow) Tuban.

Febriani, I. (2022). Campur Kode dalam Kumpulan Pidato Covid-19 oleh Ganjar Pranowo Periode 2021 dan Relevansinya pada Pembelajaran Menulis Pidato di Kelas IX SMP (Doctoral dissertation, Universitas Islam Sultan Agung Semarang).

Haq, SRNF, Sudrajat, R., & Firmansyah, D. (2020). Kajian Sosiolinguistik terhadap Ujaran Bahasa Mahasiswa. Parole: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 3 (4), 797-804.

Heryani, H. (2022). Kedwibahasaan pada Masyarakat Tutur di Kota Cirebon. Jurnal Education And Development, 10(2), 429-433.

Hestiyana, H. (2019). Bentuk dan Fungsi Campur Kode dalam Transaksi Jual-Beli di Pasar Arjowinangun Pacitan. Genta Bahtera: Jurnal Ilmiah Kebahasaan dan Kesastraan, 5(1), 18-34.

Juniardi, W. (2022). Penyajian Data Lengkap dengan Macam dan Jenisnya. Diakses pada 12 Mei 2023 dari https://www.google.com/amp/s/www.quipper.com/id/blog/mapel/matematika/penyajian-data/amp/

Karina, MF, Irma, CN, & Permadi, D. (2022). Bentuk Campur Kode dan Alih Kode dalam Catatan Najwa bersama Maudy Ayunda di Channel Youtube Narasi Najwa Shihab. Terjemahan dan Linguistik (Transling), 1 (02), 79-87.

Lavircana, R. (2020). Penggunaan podcast sebagai media hiburan dan informasi di banjarmasin (Doctoral dissertation, Universitas Islam Kalimantan MAB).

Listyaningrum, L. (2021). Campur Kode Dalam Review Produk Kecantikan Oleh Ririe Prams Di Youtube. Caraka: Jurnal Ilmu Kebahasaan, Kesastraan, dan Pembelajarannya, 7(2), 94-103.

Mariana, F. (2021). Campur Kode dalam Tuturan Penjual dan Pembeli di Pasar Kaget Jalan Karya Satu Kabupaten Kampar (Disertasi Doktor, Universitas Islam Riau).

Mariska, C. N., & Amri, Y. K. (2021). Analisis Penggunaan Campur Kode Pada Media Sosial Shopee: Kajian Sosiolinguistik (Doctoral dissertation, UMSU).

Masfufah, N. (2020). Kontak Bahasa dan Bilingualisme: Keterancaman Vitalitas Bahasa Tunjung di Desa Ngenyan Asa, Kabupaten Kutai Barat. Tabasa: Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pengajarannya, 1(2), 229-248.

Nuryani, N., Robianti, R., & Sahmini, M. (2018). Penggunaan Campur Kode dalam Status Media Facebook di Desa Cinerang Pada Bulan Februari 2018. Parole: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1 (5), 863-872.

Paino, N. P. (2021). Analisis Penggunaan Campur Kode dalam Vlog Atta Halilintar: Kajian Sosiolinguistik. Basastra, 10(2), 102-116.

Pratiwi, H. A. (2018). Idiom Pada Rubrik Berita Nasional Kategori Pendidikan Dalam CNNIndonesia. com. Jurnal Pena Literasi, 1(1), 1-16.

Putri, R., & Yurni, Y. (2020). Struktur Klausa Dasar Bahasa Indonesia dalam Surat Kabar Republika. Islamic Manuscript of Linguistics and Humanity, 2(1), 12-21.

Rahmah, F. D. (2021). Alih Kode dalam Video YouTube Akun Korea Reomit (Bachelor's thesis, Jakarta: Fitk UIN Syarif Hidayatullah Jakarta).

Ramdhan, M. (2021). Metode Penelitian. Cipta Media Nusantara.

Sari, M. P. (2022). Alih Kode Dan Campur Kode Ceramah Ustaz Abdul Somad Di Media Sosial Youtube (Doctoral dissertation, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu).

Suryani, Y., Istianingrum, R., & Hanik, S. U. (2021). Linguistik Forensik Ujaran Kebencian terhadap Artis Aurel Hermansyah di Media Sosial Instagram. Belajar Bahasa: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 6(1), 107-118.

Yanuarsih. (2022). Realitas Sosial Budaya Masyarakat Jawa dalam Novel Gadis Pantai Karya Pramoedya Ananta Toer. Piktorial, 35-40.

Usop, L. S., Perdana, I., Poerwadi, P., Diman, P., & Linarto, L. (2021). Campur Kode Dalam Iklan Penawaran Barang di Forum Jual Beli Online Facebook Kota Palangka Raya (Kajian Sosiolinguistik). Enggang: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya, 2(1), 18-31.

Wati, G. S. (2022). Alih Kode Dan Campur Kode Dalam Program ‘24/365 With Blackpink’ di Youtube: Analisis Sosiolinguistik (Doctoral dissertation, Universitas Nasional).

Wijana, I. D. P. (2021). Pengantar Sosiolinguistik. UGM PRESS.

Wijayanti, K. D. (2019). Baster Pada Penutur Bilingual Jawa-Indonesia. In Prosiding Seminar Nasional Linguistik dan Sastra (Semantik) (Vol. 1, pp. 732-740).

Wirawan, S., & Shaunaa, R. (2021). Analisis Penggunaan Campur Kode dan Alih Kode dalam Video Akun Youtube Londokampung. Jurnal Budaya Brawijaya, 1(2), 17-22.

Wayan Letreng, I. & Yanuarsih (2022). Analisis Kesantunan Imperatif Berbahasa di Kalangansantri Pondok Pesantren Manbaul Ulum Kecamatan Plumpang: Kajian Pragmatik. Piktorial.




DOI: https://doi.org/10.24114/sasindo.v12i3.49972

Article Metrics

Abstract view : 25 times
PDF - 23 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Akhmad Sururi Habibulloh, Sri Yanuarsih, I Wayan Letreng

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

...............................................................................................................
p-ISSN: 2301-590X
e-ISSN: 2985-7465
...............................................................................................................
JURNAL SASTRA INDONESIA (SASINDO)
Program Studi Sastra Indonesia
Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia
Fakultas Bahasa dan Seni
Universitas Negeri Medan
Jalan Willem Iskandar Pasar 5 Medan Estate Kode Pos 20221 Provinsi Sumatra Utara
Telpon 081370069751 - 081928311107
Email: jurnalsasindounimed@unimed.ac.id

...............................................................................................................

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.