PENGGUNAAN ALAT EVALUASI QUIZALIZE SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA MAHASISWA UIN SYARIF HIDAYATULLAH JAKARTA

Erika Dwi Febriyanti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dan menganalisis penggunaan alat evaluasi Quizalize sebagai media pembelajaran Bahasa Indonesia, mengidentifikasi potensi, tantangan, serta dampaknya terhadap efektivitas proses Pendidikan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan deskriptif. Partisipan penelitian ini adalah mahasiswa semester 5 kelas C dari program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Sumber data yang digunakan sebagai sumber informasi adalah Quizalize. Data yang dikumpulkan terdiri dari data numerik, persentase, serta tanggapan dari responden yang dihimpun melalui kuesioner yang telah disusun oleh peneliti. Metode pengumpulan data melalui distribusi kuesioner dengan tujuh variabel, yang mengeksplorasi aspek-aspek seperti efektivitas, relevansi, daya tarik, kelebihan, dan kekurangan Quizalize sebagai alat evaluasi. Sebanyak 36 mahasiswa dari jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta berpartisipasi dalam pengisian kuesioner penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa alat evaluasi Quizalize efektif dan menarik sebagai media pembelajaran bahasa Indonesia. Dan responden tertarik untuk menggunakan Quizalize sebagai media pembelajaran bahasa Indonesia meskipun terdapat beberapa kekurangan.

Kata kunci: alat evaluasi, quizalize, media pembelajaran


Full Text:

PDF

References


Hafizha, F., Kana Febrian., Oktaviani, dkk (2023). Penggunaan Quizalize sebagai Media Pembelajaran Digital Berbasis Game dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cahaya Mandalika, (2), 31-36.

Puteri, A. O., Wardani, D. K., & Setiyono, J. (2023, November). Evaluasi Pembelajaran Kreatif dan Inovatif pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Era Milenial. In Seminar Nasional Daring Sinergi (Vol. 1, No. 1, pp. 261-268).

Moleong, Lexy. (2009). Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi). Bandung:Remaja Rosdakarya

Nugroho, SA, Rohmawati, L., Rahayu, T., Wicaksono, TFW, Utomo, APY, & Prasandha, D. (2023). Penerapan Model ASSURE dengan Media QuizAlize dalam Pembelajaran Mengidentifikasi Struktur dan Ciri Kebahasaan Teks Berita Kelas VII. Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Kebudayaan , 1 (2), 56-67.

Nurjannah, N., Nurfadhilah, N., Nurfiana, N., & Danial, D. (2023). Pelatihan Pemanfaatan Aplikasi Quizalize dalam Pembelajaran Siswa di MAN 1 Sinjai. Catimore: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 48-54

Tohiroh, T. (2023). Pengembangan Platform Quizalize Terintegrasi Google Classroom sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia. Logat: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran, 10(1), 1-17.

Sumiharsono, Rudy.,dan Hisbiyatul Hasanah.(2017). Media Pembelajaran: Buku Bacaan Wajib Dosen, Guru dan Calon Pendidik. Jember: Pustaka Abadi.




DOI: https://doi.org/10.24114/sasindo.v13i1.55529

Article Metrics

Abstract view : 85 times
PDF - 204 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Erika Dwi Febriyanti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

...............................................................................................................
p-ISSN: 2301-590X
e-ISSN: 2985-7465
...............................................................................................................
JURNAL SASTRA INDONESIA (SASINDO)
Program Studi Sastra Indonesia
Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia
Fakultas Bahasa dan Seni
Universitas Negeri Medan
Jalan Willem Iskandar Pasar 5 Medan Estate Kode Pos 20221 Provinsi Sumatra Utara
Telpon 081370069751 - 081928311107
Email: jurnalsasindounimed@unimed.ac.id

...............................................................................................................

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.