TEMA DAN NILAI PENDIDIKAN PADA PUISI DALAM MAJALAH BOBO

Sepira Dolali, Anita Cahyani Sinaga, Afrilia Puja Ananda, Rinda Putri, Romi Isnanda

Abstract


Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui tema dan nilai pendidikan pada puisi dalam majalah Bobo. Teori yang dijadikan landasan dalam penelitian ini adalah pendapat yang dikemukakan oleh T.S. Eliot (1917) yang menguraikan lima jenis tema yaitu : (1) Religius, (2) Kemanusiaan,(3) Percintaan,(4) Kesedihan,(5) Kepahlawanan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Penelitian kualitatif merupakan penelitian  yang menggunakan kalimat atau kata sebagai objek. Sumber data yang dilakukan pada penelitian ini adalah Puisi yang terdapat dalam majalah Bobo.Hasil analisis data ditemukan bahwa puisi-puisi pada majalah Bobo telah menyajikan nilai-nilai pendidikan.Pada penelitian ini penulis membahas lima nilai pendidikan, (1) Sosial Budaya,(2) Kepedulian,(3) Kepahlawanan,(4) Pengasuhan,(5) Budi Pekerti. Puisi-puisi yang terdapat dalam majalah Bobo telah menyajikan sarana yang efektif untuk membantu anak-anak memahami nilai-nilai penting dalam kehidupan.Penulis berharap bahwa, tema dan nilai-nilai pendidikan pada puisi dalam majalah Bobo akan terus menginspirasi dan mendidik para pembaca muda, membantu mereka tumbuh dan berkembang menjadi individu yang bijaksana dan bertanggung jawab.

Kata kunci: puisi, majalah Bobo, tema, nilai pendidikan


Full Text:

PDF

References


Djojosuroto, Kinayati. 2005. Puisi: pendekatandan pembelajaran. Bandung: Nuansa.

Emzir, E., & Rohman, S. (2015). Teori dan Pengajaran Sastra. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Fathoni, H. (2012). Gaya Bahasa dalam Syair “Al-i’tiraf” Karya Abu Nuwas: Sebuah Analisis Stilistik. At-Ta'dib, 7(2), 205-224.

Harun Mohd dan Wahyuni Y, S. (2018). Analisis Struktur Fisik dan Struktur Batin Puisi Anak salam Majalah Potret Anak Cerdas. Jurnal Master Bahasa, 6(2).

Metode Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta. Riyanto, S., and Hatmawan, A. A. (2020).

Nazir, M. (1998). Metode Riset Penelitian Kuantitatif Penelitian di Bidang Manajemen, Teknik, Pendidikan dan Eksperimen.

Nurgiyantoro, Burhan. 2005. Sastra Anak.Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Riyanto, S., and Hatmawan, A. A. Sarumpaet, Riris K. Toha. 2010. Pedoman Penelitian Sastra Anak. Jakarta:Pusat Bahasa Kementerian Pendidikan Nasional.

Silberman, M. 2015 Experiental Learning Strategi Pembelajaran dari Dunia Nyata, Bandung: Nusa Media

Wahyuni, L. (2017). Pembentukan Citra Diri dalam Puisi Kau Ini Bagaimana atau Aku Harus Bagaimana Karya KH. A. Mustofa Bisri. KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 2(2),




DOI: https://doi.org/10.24114/sasindo.v13i2.57715

Article Metrics

Abstract view : 29 times
PDF - 30 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Sepira Dolali, Anita Cahyani Sinaga, Afrilia Puja Ananda, Rinda Putri, Romi Isnanda

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

...............................................................................................................
p-ISSN: 2301-590X
e-ISSN: 2985-7465
...............................................................................................................
JURNAL SASTRA INDONESIA (SASINDO)
Program Studi Sastra Indonesia
Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia
Fakultas Bahasa dan Seni
Universitas Negeri Medan
Jalan Willem Iskandar Pasar 5 Medan Estate Kode Pos 20221 Provinsi Sumatra Utara
Telpon 081370069751 - 081928311107
Email: jurnalsasindounimed@unimed.ac.id

...............................................................................................................

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.