PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR

Authors

  • Heppy Rani Maryana Sinaga Universitas Negeri Medan
  • Sartika Dewi Sari Hutabarat Universitas Negeri Medan
  • Putri Panjaitan Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.24114/sasindo.v13i3.58290

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penggunaan sumber audiovisual untuk belajar bahasa Indonesia mempengaruhi motivasi siswa sekolah dasar dalam mempelajari bahasa tersebut.. Di era digital kontemporer, pembelajaran bahasa Indonesia semakin bergantung pada materi audiovisual, termasuk gambar, audio, dan video.Namun, masih kurangnya penelitian yang secara eksplisit meneliti bagaimana penggunaan media audiovisual mempengaruhi motivasi belajar anak sekolah dasar. Penelitian ini mencoba untuk menutup kesenjangan ini. Dengan kelompok kontrol acak, penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian eksperimental. Kelas kontrol yang mempelajari bahasa Indonesia dengan menggunakan metode tradisional tanpa menggunakan media audiovisual, dan kelas eksperimen yang mempelajari bahasa Indonesia dengan menggunakan media yang dipilih secara acak menjadi sampel penelitian. Survei yang telah disetujui sebelumnya digunakan untuk mendapatkan informasi tentang motivasi siswa untuk belajar. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan materi audiovisual untuk mengajar bahasa Indonesia mempunyai dampak positif yang besar terhadap motivasi siswa sekolah dasar untuk belajar bahasa tersebut. Jika dibandingkan dengan kelompok siswa yang menggunakan teknik tradisional, Motivasi belajar lebih meningkat pada siswa yang menggunakan sumber belajar audiovisual. Berdasarkan hasil tersebut, terlihat bahwa penggunaan materi audiovisual dapat meningkatkan minat siswa dalam belajar bahasa Indonesia. Melalui suara, pemandangan, dan materi yang menarik, media audiovisual dapat meningkatkan pengalaman pendidikan bagi siswa dan meningkatkan tingkat minat dan keterlibatan mereka dalam proses tersebut. Oleh karena itu disarankan agar, untuk meningkatkan kemauan belajar siswa, materi audiovisual dimasukkan ke dalam pengajaran bahasa Indonesia di sekolah dasar secara efektif.

Author Biography

Sartika Dewi Sari Hutabarat, Universitas Negeri Medan

Saya adalah mahasiswa program studi pendidikan guru sekolah dasar di universitas negeri medan tahun 2022

References

Ainina I. A. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual terhadap Motivasi dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas IV Indonesian Journal of Histori Education 3 (1).

Alfayanti L Suwandi & Winarnari. (2012). Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Motivasi Belajar Siswa di Sekolah Dasar Jakarta Vol 1.

Hasan. (2018). Pengaruh penggunaan Media Audio Visual terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia pada Siswa Kelas IV SD Negeri 139 Lamanda Kecamatan Bontotiro,

Hidayah Nur. (2017). Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas vol. 6, no. 2, pp. 108–115.

Supriatini, S. (2017). Penerapan Media Audio Visual dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi Siswa Kelas V Palembang. Jurnal Bindo Sastra, 1(1), 45.

Downloads

Published

2024-12-31

How to Cite

Rani Maryana Sinaga, H., Hutabarat, S. D. S., & Panjaitan, P. (2024). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR. JURNAL SASTRA INDONESIA (SASINDO), 13(3), 565–572. https://doi.org/10.24114/sasindo.v13i3.58290