NILAI-NILAI PENDIDIKAN DALAM CERITA RAKYAT SUKU BUNIAN DAN ASAL-USUL SIJUNJUNG

Fadhila Redia Zain, Khairunnisa Khairunnisa, Romi Isnanda

Abstract


Penelitian yang dilakukan berfokus pada nilai-nilai pendidikan yang terkandung dalam cerita rakyat “Suku Bunian” dan “Asal Usul Sijunjung”. Kedua cerita rakyat ini berasal dari Kabupaten Solok Selatan dan Kabupaten Sijunjung. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan serta implikasinya dalam penerapan aspek pendidikan. Data yang diperoleh menggunakan metode analisis kualitatif yang merupakan hasil dari analisis cerita rakyat secara lisan dan tulisan. Ada pun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik rekam dan catat hasil. Hasil analisis kedua cerita rakyat dapat dijelaskan bahwa ada 54 nilai pendidikan, yaitu 13 nilai religi, 16 nilai sosial, 14 nilai moral, dan 11 nilai budaya. Nilai religius dan moralitas pada cerita “Suku Bunian” mendominasi kehidupan sehari-harinya. Hal ini dapat mencerminkan keberagaman kepercayaan dan mitos di masyarakat Minangkabau. Selanjutnya, dalam cerita rakyat “Asal Usul Nama Sijunjung” terdapat nilai-nilai pendidikan agama, sosial, moral, dan budaya yang kuat, serta melestarikan nilai-nilai tradisional dan kearifan lokal masyarakat setempat.

Kata kunci: sastra lisan, cerita rakyat, nilai pendidikan


Full Text:

PDF

References


Maulidiah, N., Waluyo, H. J., & Subiyantoro, S. (2020). Nilai Pendidikan dalam Syair Kesenian Tundang Mayang Eddy Ibrahim. JP-BSI(Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesi a), 5(2), 107-111.

Youpika, F., & Zuchdi, D. (2016). Nilai Pendidikan Karakter Cerita Rakyat Suku Pasemah Bengkulu dan Relevansinya sebagai Materi Pembelajaran Sastra. Jurnal Pendidikan Karakter, 7(1).

Isnanda, R. (2015). Struktur dan Nilai-nilai Pendidikan dalam Cerita Rakyat Kabupaten Tanah Datar Provinsi Sumatera Barat. Jurnal Gramatika, 1(2), 79730.

Iman, Y. M., & Sulaeman, Y. (2019). Nilai Pendidikan pada Cerita Rakyat Legenda Tanjung Lesung sebagai Bahan Pembelajaran Apresiasi Sastra di Sekolah Dasar. Cakrawala Pedagogik, 3(2), 132-142.

Junaini, E., Agustina, E., & Canrhas, A. (2017). Analisis Nilai Pendidikan Karakter dalam Cerita Rakyat Seluma. Jurnal Ilmiah KORPUS, 1(1), 39-43.

Ahmadi, M., Ardianti, S. D., & Pratiwi, I. A. (2021). Nilai Pendidikan Karakter dalam Cerita Rakyat Sendang Widodari Kabupaten Kudus. Progres Pendidikan, 2(1), 1-6.

Halfian, W. O. (2019). NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM CERITA RAKYAT †œI LAURANGâ€. ETNOREFLIKA: Jurnal Sosial dan Budaya, 8(3), 186-194

Putri, Z. A., Darmuki, A., & Setiyono, J. (2021). Analisis Nilai-Nilai Pendidikan dalam Novel Ingkar Karya Boy Candra Hubungannya dengan Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(3), 731-736.

Zuhriah, N. A. (2017). Nilai Sosial dalam Cerita Rakyat Klek dan Kuwok serta Kaitannya Dengan Pembelajaran Sastra Di SMP. (Doctoral dissertation, Universitas Mataram).

Rozie, M. (2019). Analisis Nilai-Nilai Sosial dalam Kumpulan Cerita Rakyat Bangka Belitung. Jurnal Ilmiah Bina Bahasa, 12(2), 27-38.

Agustina, E. (2015). Nilai-nilai Sastra (Bengkulu) sebagai Kontribusi Pembentukan Karakter Bangsa. In Prosiding Seminar Nasional Bulan UNIB (pp. 171-176).

Malitasari, N., Rus Andianto, M., & Husniah, F. (2013). Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Cerita Rakyat Malang.

Romadhon, A. M., Maryatin, M., & Ratnawati, I. I. (2022). Nilai-Nilai Pendidikan pada Cerita Rakyat Paser dan Berau serta Implikasinya terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia pada Siswa SMK Muhammadiyah Long Ikis. Jurnal Basataka (JBT), 5(1), 172-183.

Maulidiah, N., & Saddhono, K. (2019). Wujud Budaya Dan Nilai Pendidikan Dalam Cerita Rakyat Putri Jelumpang: Sebuah Kajian Antropologi Sastra. Widyaparwa, 47(2), 185-192.




DOI: https://doi.org/10.24114/sasindo.v13i2.58354

Article Metrics

Abstract view : 30 times
PDF - 23 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Fadhila Redia Zain, Khairunnisa, Romi Isnanda

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

...............................................................................................................
p-ISSN: 2301-590X
e-ISSN: 2985-7465
...............................................................................................................
JURNAL SASTRA INDONESIA (SASINDO)
Program Studi Sastra Indonesia
Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia
Fakultas Bahasa dan Seni
Universitas Negeri Medan
Jalan Willem Iskandar Pasar 5 Medan Estate Kode Pos 20221 Provinsi Sumatra Utara
Telpon 081370069751 - 081928311107
Email: jurnalsasindounimed@unimed.ac.id

...............................................................................................................

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.