NILAI RELIGIUS PADA CERITA RAKYAT SENI BARONGAN KUDUS
Abstract
Seni tradisional Barongan di Desa Kudus merupakan warisan budaya yang kaya akan nilai-nilai religius. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis nilai-nilai religius yang tercermin dalam seni Barongan, serta dampaknya terhadap masyarakat Desa Kudus. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif narasi yaitu reduksi data, mendeskripsikan data, dan membuat kesimpulan. Data bersumber dari buku Cerita Rakyat Pesisir Timur karangan Mohammad Kanzunnudin terbitan CV Adhigama dengan jumlah halaman 230 halaman. Data berupa penggalan-penggalan cerita Seni Barongan Kudus. Dalam mengumpulkan data, penelitian ini digunakan teknik simak dan catat. Temuan dari penelitian menunjukkan bahwa Seni Barongan menjadi media penting untuk menyampaikan pesan-pesan religius dan menerapkan nilai-nilai keagamaan dalam kehidupan sehari-hari. Seni barongan juga berperan dalam memperkuat identitas budaya masyarakat Desa Kudus. Implikasi penelitian ini memberikan wawasan yang lebih mendalam terkait pentingnya seni tradisional sebagai sarana penyebaran nilai-nilai keagamaan dalam masyarakat lokal, serta memberikan dasar bagi upaya pelestarian dan pengembangan seni Barongan di Desa Kudus dan wilayah sekitarnya.
Kata kunci: seni Barongan, Kudus, nilai religius
Full Text:
PDFReferences
Amalia, N. A., & Agustin, D. (2022). Peranan Pusat Seni dan Budaya sebagai Bentuk Upaya Pelestarian Budaya Lokal. Sinektika: Jurnal Arsitektur, 19(1), 34-40.
Atikah Batubara, N. (n.d.). Struktur dan Fungsi Sosial Cerita Rakyat Legenda Asal Usul Kampung Batubontar. Jurnal Bahasa Dan Sastra, 8(1), 1–9.
Ayuningtyas, D. P., & Sutiyono, S. (2018). Eksistensi Kesenian Barongan Setyo Budoyo di Desa Loram Wetan Kecamatan Jati Kabupaten Kudus. Pendidikan Seni Tari-S1, 7(4), 1-14.
Baharudin, E., Ernawati, E., Cahyadi, L., & Hidayati, R. (2022). Strategi Komunikasi dalam Pengenalan Keris di Masyarakat sebagai Upaya Pelestarian Seni dan Budaya Indonesia. Komunikologi: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 19(02).
Darmanita, Z., & Yusri, M. (2020). Pengoperasian Penelitian Naratif dan Etnografi; Pengertian, Prinsip-Prinsip, Prosedur, Analisis, Interpretasi, dan Pelaporan Temuan. As-Shaff: Jurnal Manajemen Dan Dakwah, 1(1), 24–34. https://jurnal.staiddimakassar.ac.id/index.php/asjmd/article/view/75
Djaya, T. R. (2020). Ritualisasi Kesenian Barong dalam Estetika Budaya: Studi Eksploratif Komunikasi Intra Personal Masyarakat Kota Beribadat. JURNAL SIMBOLIKA Research and Learning in Communication Study, 6(1), 23-40.
Halimah, S. L., & Sabardila, A. (2023). Aspek Pembelajaran Dari Kesenian Barongan Bagi Masyarakat Desa Bejirejo. Jurnal Budaya Nusantara, 6(1), 181-194.
Ningsih, D. K. (2022). Analisis Pendidikan Karakter dalam Literasi Budaya dan Kewargaan pada Seni Barongan. In Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan dan Pembelajaran, 5, 246-259.
Nurhasanah, L., Siburian, B. P., & Fitriana, J. A. (2021). Pengaruh Globalisasi terhadap Minat Generasi Muda dalam Melestarikan Kesenian Tradisional Indonesia. Jurnal Global Citizen: Dan Rangda di Desa Moti. 6.
Wahyuningsih, E. D. (2014). Pertunjukan Barongan Gembong Kamijoyo Kudus. Jurnal Seni Tari, 3(2).
Iryanto, N. D. (2022). Nilai-Nilai Moral dan Sosial pada Pertunjukkan Seni Budaya Kesenian Barongan Sebagai Sumber Belajar Literasi Budaya Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(2), 2931–2942. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2488
Isnanda, R. (2015). Peran Pengajaran Sastra dan Budaya Dalam pembentukan Karakter Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Gramatika, 2(2), 174–182.
M. Doni Sanjaya, M. Rama Sanjaya, R. W. (2022). Nilai-Nilai Pendidikan Dalam Novel Hanter Karya Syifauzzahra dan Relevansinya Sebagai Pembelajaran Sastra di SMA. KREDO: Jurnal Ilmiah Bahasa Dan Sastra Terakreditasi SInta 4 Berdasarkan Keputusan DIrektorat Jenderal Penguatan Riset Dan Pengembangan, Kementerian Riset, Teknologi Dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia, 5, 475–496.
Ii, B. A. B., Rakyat, A. C., & Rakyat, P. C. (2007). Legenda adalah prosa raktyat yang mempunyai ciri-ciri yang mirip dengan mite, yaitu dianggap pernah benar-benar terjadi, tetapi tidak dianggap suci. Legenda ditokohi manusia, walaupun ada kalanya.
Irawan, A., Ernawati, Z., Mariati, S., & Maslikatin, T. (2017). Kajian Psikologi Wanita Tokoh Utama Novel Air Mata Tuhan Karya Aguk Irawan M. N. (The Study of Woman Psychology as Main Character in A Novel entitled Air Mata Tuhan Abstrak PENDAHULUAN Karya sastra adalah seperangkat gambaran ide pengarang yang terlahir dari sebuah realita kehidupan yang diproses melalui sebuah intelektual dan ketajaman imajinasi . Seorang pengarang mengungkapkan perasaan , imajiasinya melalui sebuah karya sastra yang memiliki manfaat untuk kehidupan masyarakat . Pada dasarnya , hakikat seni menurut konsep Horace adalah dulce et unitle , karya sastra. 5(2), 102–108.
Kanzunnudin, Mohammad (2022) Nilai Pendidikan Karakter dalam Cerita Rakyat Seni Barongan Kudus. Moeria Bumi Pertelon.
Kanzunnudin, Mohammad (2023). Cerita Rakyat Pesisir Timur. CV Adhigama
Suparman, I. N. (2014). Transformasi nilai Religiusitas dan Estetika Dalam Pementasan Barongan Dan Rangda di Desa Moti. Widya Genitri, 6.
DOI: https://doi.org/10.24114/sasindo.v13i2.59174
Article Metrics
Abstract view : 94 timesPDF - 57 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Kiswanti, Syarifah Nur Aulia, Sandrina Mefiani, Mohammad Kanzunnudin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
...............................................................................................................
p-ISSN: 2301-590X
e-ISSN: 2985-7465
...............................................................................................................
JURNAL SASTRA INDONESIA (SASINDO)
Program Studi Sastra Indonesia
Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia
Fakultas Bahasa dan Seni
Universitas Negeri Medan
Jalan Willem Iskandar Pasar 5 Medan Estate Kode Pos 20221 Provinsi Sumatra Utara
Telpon 081370069751 - 081928311107
Email: jurnalsasindounimed@unimed.ac.id
...............................................................................................................
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.