MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN BERBAHASA PADA ANAK-ANAK KELAS V SDN 105290 MELALUI METODE BERCERITA
DOI:
https://doi.org/10.24114/sasindo.v14i1`.59177Keywords:
keterampilan berbahasa, metode berceritaAbstract
Penelitian ini adalah PTK bertujuan untuk mengembangkan keterampilan berbahasa pada anak-anak kelas V di SDN 105290 melalui metode bercerita. Metode bercerita dipilih karena dianggap mampu meningkatkan kemampuan berbahasa anak secara menyeluruh, meliputi aspek berbicara, mendengarkan, membaca, dan menulis. Data dikumpulkan melalui observasi dan tes keterampilan berbahasa sebelum dan sesudah penerapan metode bercerita. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan signifikan dalam keterampilan berbahasa anak setelah penerapan metode bercerita. Anak menjadi lebih aktif berpartisipasi dalam pembelajaran, menunjukkan peningkatan kepercayaan diri dalam berbicara di depan umum, serta memperlihatkan pemahaman yang lebih baik dalam mendengarkan dan menulis cerita. Dengan demikian, metode bercerita terbukti efektif dalam mengembangkan keterampilan berbahasa pada anak kelas V di SDN 105290. Penelitian ini merekomendasikan agar guru lebih sering menggunakan metode bercerita dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan berbahasa anak.References
Arikunto, S. (2012). Prosedur penelitian tindakan kelas. Bumi Aksara, 136(2), 2“3.
Gereda, A. (2020). Keterampilan Berbahasa Indonesia: menggunakan bahasa Indonesia secara baik dan benar. Edu Publisher.
Ilham, M., & Wijiati, I. A. (2020). Keterampilan berbicara: Pengantar keterampilan berbahasa. Lembaga Academic & Research Institute.
Kemmis, S., McTaggart, R., & Nixon, R. (2014). The action research planner: Doing critical participatory action research. Springer.
Nasem, N., Rudiyana, R., & Nurzaman, D. R. (2021). Penerapan Metode Probing Promting Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran. Jurnal Tahsinia, 2(1), 47“57.
Permatasari, A. N., Inten, D. N., Mulyani, D., & Rahminawati, N. (2017). Literasi dini dengan teknik bercerita. FamilyEdu: Jurnal Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, 3(1).
Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D.
Tamyis, T. (2022). Penanaman Nilai Keagamaan Anak Melalui Metode Bercerita. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 7229“7239.
Tarigan, H. G. (2019). Berbicara; ssebagai suatu keterampilan berbahasa.
Zahriani, N., Rahmayani, C., Humaira, H., & Sunarti, S. (2021). Peningkatan Kemampuan Bahasa Anak Melalui Metode Bercerita Menggunakan Media Audio Visual Di RA Raudatul Ilmi Kecamatan Medan Denai. AUD Cendekia, 1(1), 30“48.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Yuni Artha Manik, Mia Ningsih, Nia Pegrify Tambunan, Muhammad Anggie Januarsyah Daulay

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.