UNSUR INTRINSIK DALAM KUMPULAN CERPEN KARYA DEE LESTARI

Amanda Shareef, Erik Habullah Amri, Fadhilah Redia Zain

Abstract


mendeskripsikan unsur-unsur intrinsik dalam kumpulan cerita pendek karya Dee Lestari. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif bersifat deskriptif yang bertujuan untuk memahami secara mendalam suatu fakta yang memerlukan penelusuran yang mendalam oleh peneliti. Dalam penelitian ini menerapkan teknik simak, libat, dan catat. Teknik simak dilakukan dengan cara mengamati penggunaan kata dan bahasa. Teknik catat dilakukan untuk mengidentifikasi teks yang menggeser makna dari penerjemah dengan mencatat bagian tertentu dari data tersebut. Teknik simak membaca cerpen berulang kali, teknik libat dengan mengamati unsur intrinsik, dan teknik catat mencakup pencatatan data. Penelitian ini dalam analisis data memakai pendekatan Miles dan Huberman, dengan tahapan: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Cerita pendek karya Dee Lestari memiliki karakteristrik yang unik dan menarik. Karena mengemas cerita sesuai dengan realita kehidupan saat ini dengan penyajian unsur intrinsik yang menyita perhatian pembaca. Terdapat beberapa unsur intrinsik yang dikaji; tema, alur/plot, sudut pandang, gaya bahasa, latar, dan amanat.

Kata kunci: karya sastra, cerpen, unsur intrinsik


Full Text:

PDF

References


Armet, A., Atsari, L., & Septia, E. (2024). Perspektif nilai budaya dalam cerpen Banun karya Damhuri Muhammad. Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 3(2), 174-183.

Hutapea, A. B., Effendy, C., & Priyadi, A. T. Tinjauan Tema dan Amanat atas Kumpulan Cerpen Klop Karya Putu Wijaya. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 4(3).

Lauma, A. (2017). UNSUR-UNSUR INTRINSIK CERITA PENDEK †œPROTES†KARYA PUTU WIJAYA. Jurnal Elektronik Fakultas Sastra Universitas Sam Ratulangi, 1(5).

Maryanti, D., Sujiana, R., & Wikanengsih, W. (2019). Menganalisis unsur intrinsik cerpen †œkatastropa†karya han gagas sebagai upaya menyediakan bahan ajar menulis teks cerpen. Parole: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(6), 787-792.

Nisa, A. N. V. I., & Hasanudin, C. (2024, June). Analisis Unsur Intrinsik Cerita Pendek Cinta tak Terpisahkan Karya Dwi Kumala Sari dalam Antologi Cerpen Butir-Butir Kenangan. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran (Vol. 2, No. 1, pp. 562-583).

Nurcahyati, D., Yulianti, A., & Abdurrokhman, D. (2019). ANALISIS UNSUR-UNSUR INTRINSIK CERPEN †œSENYUM KARYAMIN†KARYA AHMAD TOHARI. Parole: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(6), 979-986.

Pramidana, I. D. G. A. I. (2020). Unsur Intrinsik dan Ekstrinsik Dalam Cerpen “Buut” Karya I Gusti Ayu Putu Mahindu Dewi Purbarini. Jurnal Pendidikan Bahasa Bali Undiksha, 7(2), 61-70.

Vidyarti, D., & Hasanudin, C. (2024, June). Analisis Unsur Intrinsik Cerita Pendek Setangkai Mawar dan Alstroemeria dalam Cerpen Butir-Butir Kenangan. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran (Vol. 2, No. 1, pp. 241-254).

Wibowo, B. J., Andayani, A., & Hastuti, S. (2021). Unsur Intrinsik Novel" Aroma Karsa" Karya Dee Lestari dan Pemanfaatannya sebagai Materi Ajar Sastra di Kelas XII SMA. Basastra: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 9(1), 90-104.




DOI: https://doi.org/10.24114/sasindo.v13i2.61549

Article Metrics

Abstract view : 7 times
PDF - 9 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Amanda Shareef

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

...............................................................................................................
p-ISSN: 2301-590X
e-ISSN: 2985-7465
...............................................................................................................
JURNAL SASTRA INDONESIA (SASINDO)
Program Studi Sastra Indonesia
Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia
Fakultas Bahasa dan Seni
Universitas Negeri Medan
Jalan Willem Iskandar Pasar 5 Medan Estate Kode Pos 20221 Provinsi Sumatra Utara
Telpon 081370069751 - 081928311107
Email: jurnalsasindounimed@unimed.ac.id

...............................................................................................................

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.