PENGARUH MODEL REFLEKTIF TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PUISI PADA SISWA KELAS VIII SMP SWASTA MASEHI BERASTAGI TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Ramasinta E. Purba

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Reflektif terhadap kemampuan menulis puisi siswa kelas VIII SMP Swasta Masehi Berastagi tahun pembelajaran 2013/2014. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Swasta Masehi Berastagi dengan jumlah 161 siswa. Sedangkan sampel diambil secara homogen dengan random sampling (acak) kelas dan sampel dengan jumlah 40 siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain penelitian One Group Pre-test Post-test Design yang hanya dilaksanakan pada satu kelas (kelompok) saja. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji “t”.
Kata Kunci: model pembelajaran reflektif-menulis puisi

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/sasindo.v2i1.620

Article Metrics

Abstract view : 125 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



...............................................................................................................
p-ISSN: 2301-590X
e-ISSN: 2985-7465
...............................................................................................................
JURNAL SASTRA INDONESIA (SASINDO)
Program Studi Sastra Indonesia
Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia
Fakultas Bahasa dan Seni
Universitas Negeri Medan
Jalan Willem Iskandar Pasar 5 Medan Estate Kode Pos 20221 Provinsi Sumatra Utara
Telpon 081370069751 - 081928311107
Email: jurnalsasindounimed@unimed.ac.id

...............................................................................................................

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.