REPRESENTASI STEREOTIPE KOMUNIKASI NON VERBAL DALAM FILM BUDI PEKERTI KARYA WREGAS BHANUTEJA

Authors

  • Frivia Munjidatul Laily Universitas PGRI Ronggolawe Tuban
  • Sri Yanuarsih Universitas PGRI Ronggolawe Tuban
  • I Wayan Letreng Universitas PGRI Ronggolawe Tuban

DOI:

https://doi.org/10.24114/sasindo.v14i1`.63568

Keywords:

representasi stereotipe, komunikasi non verbal, film budi pekerti.

Abstract

Sastra ialah sebuah ciptaan dengan bahasa sebagai instrumennya untuk mengungkapkan emosi, keindahan, dan pesan moral. Salah satu bentuk sastra yang dapat dikaji ialah Stereotipe. Stereotipe merupakan pelabelan negatif yang menyederhanakan karakteristik individu atau kelompok, dan dapat muncul dalam berbagai bentuk komunikasi, termasuk komunikasi non-verbal. Hal ini dapat terjadi diberbagai aspek kehidupan salah satunya film. Dalam Film Budi Pekerti karya Wregas Bhanuteja pemberian label negatif terhadap individu terjadi karena adanya penindasan terhadap individual atau kelompok berbentuk komunikasi non verbal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan memperoleh gambaran objektif representasi stereotipe melalui komunikasi non-verbal dalam film Budi Pekerti karya Wregas Bhanuteja. Menggunakan metode deskriptif kualitatif, berfokus pada penggambaran secara rinci fenomena yang diamati melalui analisis mendalam terhadap data visual dan perilaku non-verbal dalam film.  penelitian ini mengeksplorasi bagaimana bahasa tubuh, ekspresi wajah, gerakan, serta elemen visual lainnya merepresentasikan stereotipe dan memperkuat pelabelan sosial tertentu. Data diperoleh melalui pengamatan terhadap adegan-adegan kunci dalam film yang memuat interaksi non-verbal antara tokoh-tokoh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa film ini menggunakan komunikasi non-verbal tatapan tajam, ekspresi wajah, dan Bahasa tubuh secara signifikan untuk menciptakan stereotipe.

References

Darmojuwono, S. (2007). Peran stereotipe dalam komunikasi lintas budaya: Kasus Indonesia-Jerman. Linguistik Indonesia, 25(1), 97-105.

Diani, A., Lestari, M. T., & Maulana, S. (2017). Representasi feminisme dalam film Maleficent. ProTVF, 1(2), 139-150.

Gandasari, Dya. Dkk. (2022). pengantar komunikasi antarmanusia. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Hartanto, D. D. (2007). Representasi stereotype perempuan dalam iklan layanan masyarakat “Sahabat Peduli Anti Kekerasan dalam Rumah Tangga”. Jurnal Desain Komunikasi Visual Nirmana, 9(2), 77-81.

Justisiani, E. I. (2014). Persepsi Masyarakat Tentang Bentuk Komunikasi Verbal Dan Komunikasi Nonverbal Pada Pelayanan Rumah Sakit Umum Daerah Abdul Wahab Sjahranie Samarinda. Jurnal Ilmu Komunikasi, 2(3), 193-206.

Kustiawan, W., Khairani, L., Lubis, D. R., Lestari, D., Yassar, F. Z., Albani, A. B., ... & Ahmad, A. S. (2022). Pengantar Komunikasi Non Verbal. Journal Analytica Islamica, 11(1), 143-149.

Kusumawati, T. I. (2019). Komunikasi verbal dan nonverbal. Al-Irsyad: Jurnal Pendidikan dan Konseling, 6(2).

Lustyantie, N. (2012, December). Pendekatan semiotik model Roland Barthes dalam karya sastra Prancis. In Seminar Nasional Fib Ui (Vol. 19).

Lutfiyah, L. Z., & Kinanti, K. P. (2020). Perbandingan Stereotipe Gender dalam Iklan: Kajian Semiotika Roland Barthes. BELAJAR BAHASA: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 5(2), 211-220.

Prawitasari, J. E. (1995). Mengenal emosi melalui komunikasi nonverbal. Buletin Psikologi, 3(1), 27-43.

Putri, N. L. W. E. (2019). Interaksi Simbolik dalam Proses Komunikasi Nonverbal pada Aplikasi Tiktok. Widya Duta: Jurnal Ilmiah Ilmu Agama dan Ilmu Sosial Budaya, 14(1), 11-19.

Rahmanda, A., Hanifa, A., Dalimunthe, M. A., & Sazali, H. (2023). representasi stereotip perempuan dalam video klip yura yunita" tutur batin". Jurnal Riset Rumpun Seni, Desain dan Media, 2(1), 44-50.

Riwu, A., & Pujiati, T. (2018). Analisis semiotika roland barthes pada film 3 dara. Deiksis, 10(03), 212-223.

Sari S.E., Wayan I. L. Yanuarsih S. (2023) identitas kuliner dalam novel laut bercerita karya leila s. chudori (kajian gastronomi sastra) Jurnal Sastra Indonesia (sasindo) Vol.12 No.3

Weisarkurnai, B. F., & Nasution, B. (2017). Representasi Pesan Moral Dalam Film Rudy Habibie Karya Hanung Bramantyo (Analisis Semiotika Roland Barthes) (Doctoral dissertation, Riau University).

Wibisono, R. M. R. H. (2023). Representasi Stereotipe Perempuan Konsumtif dalam Iklan Shopee Live Semua Diskon. Jurnal Audiens, 4(4), 589-597.

Wirawati, K. B. (2019, November). Stereotip terhadap orang komunis di Indonesia dalam novel 65 lanjutan blues merbabu karya gitanyali (kajian sosiologi sastra). In Prosiding Seminar Nasional Bahasa Dan Sastra Indonesia (SENASBASA) (Vol. 3, No. 2).

Yanuarsih. (2022). Realitas Sosial Budaya Masyarakat Jawa dalam Novel Gadis Pantai Karya Pramoedya Ananta Toer. Piktorial, 35-40.

ZamZam, H. (2016). Stereotype Dan Perilaku Komunikasi Antar Budaya Pada Mahasiswa (Studi Kualitatif Terhadap Mahasiswa Jawa Dan Mahasiswa Papua Di Kota Malang) (Doctoral dissertation, Universitas Brawijaya).

Downloads

Published

2025-04-30

How to Cite

Laily, F. M., Yanuarsih, S., & Letreng, I. W. (2025). REPRESENTASI STEREOTIPE KOMUNIKASI NON VERBAL DALAM FILM BUDI PEKERTI KARYA WREGAS BHANUTEJA. JURNAL SASTRA INDONESIA (SASINDO), 14(1`), 58–67. https://doi.org/10.24114/sasindo.v14i1`.63568