BENTUK TINDAKAN SOSIAL DALAM NOVEL MALIOBORO AT MIDNIGHT KARYA SKYSPHIRE (KAJIAN SOSIOLOGI SASTRA)
DOI:
https://doi.org/10.24114/sasindo.v14i2.63618Keywords:
Kata kunci: bentuk tindakan sosial, novel malioboro at midnight, kajian sosiologi sastraAbstract
Novel merupakan jenis karya sastra yang dapat menggambarkan kehidupan masyarakat secara objektif melalui cerita naratif. Salah satunya yaitu novel berjudul Malioboro at Midnight karya Skysphire. Peristiwa yang terjadi di dalam kisah selalu berkaitan erat dengan segala aktivitas yang dilakukan oleh para tokoh untuk berinteraksi secara sosial di lingkungan masyarakatnya, aktivitas tersebut disebut sebagai tindakan sosial. Tindakan sosial adalah kegiatan yang dilakukan oleh pelaku kepada orang lain untuk mendapatkan reaksi. Berdasarkan uraian di atas, peneliti tertarik untuk melakukan penelitian karena ingin mendeskripsikan secara tajam dan memberikan gambaran secara objektif tentang bentuk tindakan sosial dalam novel Malioboro at Midnight karya Skysphire. Pendekatan yang digunakan yaitu kajian sosiologi sastra. Metode penelitian berupa deskriptif kualitatif. Tahapan penelitian yang dilakukakan yakni reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil yang didapatkan antara lain tindakan (1) tradisional, yakni tradisi keyakinan dan budaya, 2) afektif, yaitu emosi marah yang lebih dominan daripada emosi lainnya, 3) rasional nilai, di antaranya nilai kebenaran, cinta kasih, kebajikan, dan tanpa kekerasan, serta 4) tindakan rasional instrumen, berupa tujuan jangka pendek dan jangka panjang.References
Amir, E. (2024). Tindakan Sosial Menurut Max Weber. https://www.academia.edu/44172235/Tindakan_sosial_menurut_Max_Weber, diakses tgl 25 Maret 2024.
Azizah, M. (2020). Tradisi Ruwat Bagi Anak Ontang-Anting Sebagai Syarat Perkawinan di Dusun Depok Desa Pelas Kecamatan Kras Kabupaten Kediri (Perspektif Hukum Islam). Skripsi. Program Studi Hukum Keluarga Islam, Fakultas Syariah, IAIN Kediri, Kediri.
Damono, S. D. (2010). Sosiologi Sastra. Ciputat: Editum.
Damono, S. D. (2020). Sosiologi Sastra. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Edison, E., Anwar, Y., & Komariyah, I. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia: Strategi dan Perubahan Dalam Rangka Meningkatkan Kinerja Pegawai dan Organisasi. Bandung: Alfabeta.
Fandy. (2021). Mengenal Berbagai Jenis Karya Sastra dan Fungsinya! https://www.gramedia.com/literasi/jenis-karya-sastra/, diakses tgl 9 September 2024.
Goleman, D. (2000). Kecerdasan Emosional. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Gunarsa, Y. S. D. (2003). Psikologi Remaja. Jakarta: Gunung Mulia.
Imadiklus, A. (2021). Tujuan dan Strategi pendidikan Sepanjang Hayat. https://imadiklus.or.id/tujuan-dan-strategi-pendidikan-sepanjang-hayat/, diakses tgl 20 Mei 2024.
Ritzer, G. (2016). Sosiologi Ilmu Pengetahuan Berparadigma Ganda (12th ed.). Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Satriyo, B. (2013). Nilai-Nilai Kemanusiaan Dalam Kumpulan Puisi Menggambar Angin Karya Hari Leo Aer. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Purwokerto. Purwokerto.
Sitoresmi, A. R. (2021). Pengertian Tujuan Menurut Para Ahli, Lengkap Dengan Makna dan Jenis-jenisnya. https://www.liputan6.com/hot/read/4545110/pengertian-tujuan-menurut-ahli-lengkap-dengan-makna-dan-jenis-jenisnya?page=5, diakses tgl 21 Maret 2024.
Skysphire. (2023). Malioboro at Midnight. Jakarta: Bukune.
Suantoko, S. (2019). Karya Sastra Sebagai Dokumen Sosial Dalam Trilogi Cerpen Penembak Misterius Karya Seno Gumira Ajidarma: Kajian Sosiologi Sastra-Objektif. Jurnal Edukasi Khatulistiwa : Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia, No.2, Vol.(2), 13-26.
Sugihastuti. (2007). Teori apresiasi Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (23rd ed.). Bandung: Alfabeta.
Weber, M. (2009). Sosiologi ( 2nd ed.). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Yanuarsih, S., Letreng, I. W., & Kurniawan, A. (2022). Realitas Sosial Budaya Masyarakat Jawa Dalam Novel Gadis Pantai Karya Pramoedya Ananta Toer. Jurnal Piktorial, No.04, Vol.(01), 35“44.
Yuliani, N. (2013). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenamedia Group.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Mas Rurotul Umah, M. Imron Abadi, Sri Yanuarsih

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.