MENINGKATKAN CRITICAL THINKING MELALUI CRITICAL BOOK REVIEW DI LINGKUNGAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN UNIVERSITAS NEGERI MEDAN

Authors

  • Dwi Valentina Sihite Universitas Negeri Medan
  • Shelly Elprida Gajahmanik Universitas Negeri Medan
  • Dorlince Oktavia Hutapea Universitas Negeri Medan
  • Pebriana Asina Panjaitan Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.24114/sasindo.v13i3.68828

Abstract

Peneliti melakukan penelitian kepada mahasiswa PPKn di Fakultas Ilmu Sosial, terhadap mahasiswa yang sedang mengambil mata kuliah Pendidikan Bahasa Indonesia dengan jumlah populasi sebanyak 5 responden. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui serta meningkatkan pemahaman mengenai Critical Thingking melalui Critical Book Review di Lingkungan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Universitas Negeri Medan karena Dalam beberapa kasus, mahasiswa dihadapkan pada tugas menulis CBR yang mengharuskan mereka untuk membuat teks ulasan. Penulis bermaksud melakukan penelitian mengenai kesalahan berbahasa yang terdapat dalam teks ulasan Critical Book Review (CBR). Peneliti ingin mengetahui pengaruh penulisan Critical Book Review terhadap critical thinking di lingkungan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Universitas Negeri Medan. Hal ini dapat menjadi sebuah tantangan bagi mahasiswa, karena mereka harus mampu memahami isi buku dan mengekspresikan penilaian mereka secara objektif dan kritis. Hasil Penelitian ini menyatakan bahwa berpikir kritis memegang peranan yang sangat penting dalam menulis Critical Book Review. Keterampilan berpikir kritis memungkinkan orang mengevaluasi informasi yang terkandung dalam sebuah buku secara obyektif dan rasional. Dari penjelasan tersebut dapat kita pahami bahwasannya dengan menggunakan keterampilan ini.

References

Atris Yuliarti Mulyani. (2022). Pengembangan Critical Thinking dalam Peningkatan Mutu Pendidikan di Indonesia. DIAJAR: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(1), 100–105. https://doi.org/10.54259/diajar.v1i1.226

Budhi Setiawan. (2020). Analisis Struktur Wacana dan Kesalahan Berbahasa Teks Ulasan Buku Fiksi Siswa Sekolah Menengah Atas. Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 8(1), 144-149.

Dasopang, W. A., Hascan, M. A., Ayu, D., & Pratiwi, R. (2022). Problematika Mahasiswa Terhadap Tugas Perkuliahan Berbasis Kurikulum KKNI (Studi Kasus Prodi Pai Uin Sumatera Utara). RISALAH: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 8(1), 20–32. https://doi.org/10.31943/jurnal

Febi Purwanto, Agus Wartiningsih, Agus Syahrani. (2019). Pelaksanaan Pembelajaran Mengidentifikasi Struktur dan Kebahasaan Teks Ulasan Pada Siswa Kelas VIII D SMP Negeri 15 Pontianak Tahun Pelajaran 2019 / 2020.

Halimah Nina Rahmawati, dkk. (2020). Analisis Struktur Wacana dan Kesalahan Berbahasa Teks Ulasan Buku Fiksi Siswa Sekolah Menengah Atas. BASASTRA Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya .

Lubis, F., Assalam, M. H., & Barus, F. L. (2024). Buku Ajar Mata Kuliah Wajib Umum Bahasa Indonesia Untuk Perguruan Tinggi. Sumatera Utara: CV. DARIS INDONESIA.

Mardiati Chalidiah, Nanang Hervana, Syambasril. (n.d.). Kemampuan Siswa Dalam Menulis Teks Ulasan Berdasarkan Cerpen Kelas VIII SMP Negeri 1 Pontianak.

Novi Lestrai. (2023). Menganalisis Kesalahan Siswa SMP dalam Mengulas Buku. Edukasi Non Formal, No 4.

Zahrotul Choiriyah. (2018). Bahasa Indonesia. Jurnal Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo.

Downloads

Published

2024-12-31

How to Cite

Valentina Sihite, D., Elprida Gajahmanik, S., Oktavia Hutapea, D., & Asina Panjaitan, P. (2024). MENINGKATKAN CRITICAL THINKING MELALUI CRITICAL BOOK REVIEW DI LINGKUNGAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN UNIVERSITAS NEGERI MEDAN . JURNAL SASTRA INDONESIA (SASINDO), 13(3), 573–581. https://doi.org/10.24114/sasindo.v13i3.68828