EKSPLORASI NILAI SOSIAL DALAM KUMPULAN LAGU IWAN FALS PADA ALBUM RAYA TAHUN 2014

Anita Mardiana Barus, Mara Untung Ritonga

Abstract


 

ABSTRAK

 

Anita Mardiana Barus, 2133210005, Eksplorasi Nilai Sosial dalam Kumpulan Lagu Iwan Fals pada Album Raya Tahun 2014, Program Studi Sastra Indonesia/ S-1, Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Medan, 2017.

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai sosial yang terdapat pada album Raya Iwan Fals, dimana dalam setiap kutipan lagunya banyak mengandung nilai-nilai sosial seperti nilai agama, nilai budaya, nilai ekonomi maupun nilai hukum. Dalam lagu-lagu Iwan Fals juga banyak mengandung kritik sosial terhadap kehidupan masyarakat sehari-hari, seperti kritikan terhadap tindakan para pejabat, menyinggung kesejahteraan lingkungan sekitar, mengenai hal pekerjaan seseorang dan menyinggung tentang hal kisah cinta.

 

Dari hasil penelitian ini relevansi nilai-nilai sosial kehidupan masyarakat terhadap lagu tersebut yaitu pengarang menjadikan konteks lagunya dari kehidupan masyarakat sehari-hari, seperti nilai agama yaitu rasa bersyur kepada Tuhan yang bisa kita lakukan dalam kehidupan nyata mensyukuri apa yang telah Tuhan berikan dalam kehidupan kita suka maupun duka. Nilai budaya dalam kehidupan kita sehari-hari yaitu seperti menjaga budaya negeri ini seperti menjaga kebersihan negeri ini. Nilai sosial dalam kehidupan sehari-hari kita bisa dicontohkan sepeti sikap saling menghargai satu sama lain. Nilai ekonomi yang bisa kita contohkan dalam kehidupan sehari-hari yaitu mendaur ulang sesuatu yang bisa dijadikan uang. Nilai hukum dalam kehidupan sehari-hari bisa kita lihat seperti para pejabat melakukan hal korupsi.

 

Dengan adanya penelitian ini pembahasan atau eksplorasi nilai sosial belum dapat mengungkap esensi aspek yang lain disebabkan fokus penelitian ini adalah mengungkap nilai sosial melalui kajian kebahasaan atau linguistik tidak menyinggung aspek media, komunikasi, wacana dan sosiologi. Oleh sebab itu berdasarkan keterbatasan ini diharapkan peneliti selanjutnya dapat mencoba meneliti lagu Iwan Fals dari aspek budaya, sosial, wacana, tekstual, ataupun dari aspek kesusastraan

 

Kata kunci: Kritik Nilai Sosial, Album Raya Iwan Fals, Sosiologi Sastra.




DOI: https://doi.org/10.24114/sasindo.v6i1.7652

Article Metrics

Abstract view : 240 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Sasindo



...............................................................................................................
p-ISSN: 2301-590X
e-ISSN: 2985-7465
...............................................................................................................
JURNAL SASTRA INDONESIA (SASINDO)
Program Studi Sastra Indonesia
Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia
Fakultas Bahasa dan Seni
Universitas Negeri Medan
Jalan Willem Iskandar Pasar 5 Medan Estate Kode Pos 20221 Provinsi Sumatra Utara
Telpon 081370069751 - 081928311107
Email: jurnalsasindounimed@unimed.ac.id

...............................................................................................................

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.