ANALISIS KESULITAN MENYIMAK SISWA KELAS III DENGAN PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL

Disa Cahaya Putri, Nur Latifah, Aam Amaliyah

Abstract


Kesulitan menyimak merupakan kesulitan dalam memahami apa yang disimaknya dan kesulitan menyimak ini dapat menjadi hambatan pada saat pembelajaran di kelas, dikarenakan siswa bisa salah menangkap informasi atau persepsi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan menyimak yang dialami oleh siswa dengan menggunakan media pembelajaran audio visual. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Subjek yang diteliti adalah siswa kelas III SDN Tanah Tinggi 7 Tangerang. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar tes, lembar observasi, dan lembar wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penyebab siswa kesulitan menyimak adalah siswa merasa bosan, sulit berkonsentrasi, mengalami masalah gangguan penglihatan, kurang memahami kosa kata simak, siswa berisik dan tidak tenang saat mendekati waktu pulang, kurangnya minat siswa dalam dongeng, kondisi ruangan yang gelap dan jam pelajaran yang dimulai terlalu siang. Hal ini didasari pada faktor internal siswa yaitu dari dalam diri siswa sendiri dan faktor eksternal yaitu dari lingkungan fisik dan sosial sekitar siswa.




DOI: https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v14i3%20SEP.60541

Article Metrics

Abstract view : 1 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


School Education Journal PGSD FIP UNIMED

Creative Commons License

School Education Journal PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.