PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN LATIHAN/DRILL TERHADAP HASIL BELAJAR PELAJARAN KETERAMPILAN SISWA KELAS VII SMP NEGERI 9 MEDAN TA 2015/2016

Desi Natalisa Perangin-Angin, Nurmaya Napitu

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada pengaruh hasil belajar keterampilan siswa membuat tempat pensil dari limbah kemasan botol mineral dan koran dengan menggunakan metode latihan (drill) di kelas VII SMP Negeri 9 Medan Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Desember 2015. Lokasi penelitian di SMP Negeri 9 Medan.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian Quasi Eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 9 Medan Tahun Ajaran 2015/2016 yang terdiri dari 5 kelas dengan jumlah 178 siswa. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik sampel bertujuan (Purposive Sampling) dan di dapat dua kelas yakni VII-2dengan jumlah 32 siswa yang diajarkan dengan metode latihan (drill) dan VII-3 dengan jumlah 32 siswa yang diajarkan dengan metode konvensional. Teknik analisis data penelitian menggunakan uji-t. Alat pengumpulan data dalam penelitian ini adalah lembar pengamatan dengan kisi-kisi yang telah di validkan oleh validator (guru dan dosen yang dianggap ahli dalam bidangnya).

Hasil analisis data menunjukkan bahwa hasil belajar keterampilan siswa membuat tempat pensil dari limbah kemasan botol mineral dan koran, diperoleh nilai rata-rata = 58,3 dengan tingkat kecenderungan kurang. Sedangkan hasil belajar keterampilan siswa membuat tempat pensil dari limbah kemasan botol mineral dan koran dengan menggunakan metode pembelajaran latihan (drill), diperoleh nilai rata-rata = 85,5 dengan tingkat kecenderungan baik. Berdasarkan hasil perhitungan dengan menggunakan uji-t diperoleh thitung > ttabel yaitu (22,948> 2.00), yang artinya Ho ditolak dan Ha diterima, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh hasil belajar keterampilan siswa membuat tempat pensil dari limbah kemasan botol mineral dan koran dengan menggunakan metode pembelajaran latihan (drill) di kelas VII SMP Negeri 9 Medan. 

Dengan demikian hasil belajar keterampilan siswa membuat tempat pensil dari limbah kemasan botol mineral dan koran dengan menggunakan metode pembelajaran latihan (drill) lebih tinggi/baik dibandingkan hasil belajar keterampilan siswa membuat tempat pensil dari limbah kemasan botol mineral dan koran dengan menggunakan metode pembelajaran konvensional.

 Kata Kunci: latihan drill, keterampilan siswa



Full Text:

PDF

References


Asra,Sumiati.(2013). Metode Pembelajaran, Bandung : Wacana Prima.

Ahmad Sabri. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Padang : Quantum Teaching.

________ (2007). Strategi Belajar Mengajar Micro Teaching. Jakarta : Quantum Teaching.

Djamarah. Syaiful Bahri. (2011). Psikologi Belajar. Jakarta : Rineka Cipta.

Dimyati, Mudjiono. ( 2006). Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta.

Eka Dsarma Wati. (2015). Pengaruh Metode Pembelajaran Latihan (Drill) Terhadap Hasil Belajar Kerajinan Siswa Di SMP Negeri 2 Lubuk Pakam 2015.

Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung : Pustaka Setia.

Nana Syaodih Sukmadinata. (2010). Metode Penelitian. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Nana Sudjana. (2002). Metode Statistika. Bandung : Tarsito

Rusman. (2012). Model – model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Roestiyah NK. (2001). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta.

Syaiful Sagala. (2009). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung : Alfabeta

Suhuf. (2000). Berkreasi Dengan Kertas Daur Ulang. Jakarta : Puspa Swara.

Suharsimi Arikunto. (2006). Dasar – Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.

Sugiyono. (2012). Statistika untuk Penelitian. Bandung : Alfabeta

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor – Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta Rineka Cipta.

http://suryaafrilian.blogspot.com/2010/09/memahami-polusi-dampaknya-pada-manusia.html#sthash.SOCbdPA7.dpuf

https://www.google.com/search?q=limbah+koran+adalah&oq=limbah+koran&aqs=chrome.0.69i59j69i57j0l4.12864j0j9&sourceid=chrome&espv=2&es_sm=93&ie=UT


Refbacks

  • There are currently no refbacks.