PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PREZI PADA MATA PELAJARAN MEMBUAT POLA DI SMK AWAL KARYA PEMBANGUNAN GALANG

Surani Surani, Dina Ampera

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengembangkan desain media pembelajaran prezi pada mata pelajaran membuat pola dan 2) mengetahui kelayakan atau efektivitas desai media pembelajaran prezi pada mata pelajaran membuat pola di SMK Awal Karya Pembangunan Galang.  Serta media  yang layak dan dapat digunakan sebagai pengembangan media pembelajaran baru yang membantu siswa dalam mempelajari mata pelajaran membuat pola.

Metode penelitian yang digunakan dalam peneltian ini adalah metode Research and Development (R&D). Dengan menggunakan tahap atau prosedur yang sudah diadaptasi yang meliputi: Potensi dan masalah, pengumpulan data, desain media dan uji coba. Subjek uji coba penelitian ini adalah 56 siswa kelas X SMK Awal Karya Pembangunan Galang. Desain uji coba ada dua tahap yaitu: uji coba (tahap validasi) dan uji coba produk. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket, angket analisis kebutuhan, validator dan angket efektivitas meliputi skala penilaian dengan taknik analisis data menggunakan skala likert.

  Hasil penelitian menunjukkan bahwa desain media pembelajaran prezi pada mata pelajaran membuat pola ini berhasil dikembangkan melalui beberpa  tahapan, yaitu 1) hasil penilaian ahli materi dengan skor 83% dengan kriteria baik dan hasil penilaian ahli media dengan skor 87,14% dengan kriteria sangat baik, 2) hasil penilaian uji coba kelompok: uji coba kelompok kecil dengan skor 63,3% , uji coba kelompok sedang dengan skor 79,25% dengan kriteria setuju, dan uji coba kelompok besar atau lapangan 89,25 dengan kriteria sangat setuju, 3) uji efektivitas siswa dengan skor rata-rata 89,25% dengan kriteria sangat setuju dan uji efektivitas guru dengan skor rata-rata 93,33% dengan kriteria sangat setuju. Dengan demikian, desain media pembelajaran prezi pada mata pelajaran membuat pola dianggap layak untuk dijadikan desain media pembelajaran.

 

Kata Kunci: Pengembangan, Media Prezi, Efektivitas Media Prezi, Mata Pelajaran Membuat Pola


Full Text:

PDF

References


Arif S. Sardiman, dkk. (2010). Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Arsyad, Azhar. 2013. Media Pembelajaran Edisi Revisi. Jakarta: Rajawali Pers.

Ernawati, dkk. 2008. Tata Busana Jilid 3. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan, Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah, Departemen Pendidikan Nasional.

Daryanto. 2011. Media Pembelajaran. Bandung: PT Sarana Tutorial Nurani Sejahtera.

Dedi Wahyudi. 2013. Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Pendidikan Akhlak dengan Program Prezi (Studi di SMP Muhammadiyah 2 Mlati SlemanTahunAjaran 2013-2014). Penelitian Skripsi, tidak diterbitkan, UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta.

Harvey and Barringer. 2014. Prezi for Profesional. Allcow Trading Company Ltd.

Latifah, Imroatun. 2013. Aneka Pola Busana. Yogyakarta: PT Intan Sejati Klaten.

Maswin. 2010. Arti dan Manfaat Media Pembelajaran. Maswins for Education. (Online) 2010. (Dikutip: 26 Juni 2016).

http://www.maswin.com/2010/07/arti-dan-manfaat-media-pembelajaran-html.

Muliawan, Porrie. 2003. Konstruksi Pola Busana Wanita. Jakarta: PT BPK Gunung Mulia.

Mundir. 2013. Statistika Pendidikan. Yogyakarta: Puataka Pelajar.

Poespo, Goet. 2000. Aneka Lengan Baju dan Manset. Yogyakarta: Kanisius.

Pratiwi, dkk. 2001. Pola Dasar dan Pecah Pola Busana. Yogyakarta: Kanisius.

Putri Zakiyatul Jannah. 2014. Pengaruh Media Pembelajaran Zooming Presentation Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X pada Konsep Suhu dan Kalor. Penelitian Skripsi, tidak diterbitkan, UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta.

Riduwan. 2010. Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta

Rusman. 2014. Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Sanaky, Hujair AH. 2013. Media Pembelajaran Interaktif-Inovatif. Yogyakarta: KAUKABA DIPANTARA.

Simon, dkk (2008). The Fhasion Designer’s Directory Of Shape and Style. Singapore: The Page One.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Susilana dan Riyana. 2009. Media Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.