PENERAPAN MEDIA BERBASIS VIDEO TUTORIAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MEMBUAT KAMPUH SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 STABAT

Fitria Arfika, Surniaty Chalid

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui hasil belajar membuat macam-macam kampuh dengan menerapkan media berbasis video tutorial pada siswa kelas X SMK Negeri 1 Stabat, 2) mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan dari penerapan media berbasis video tutorial tehadap hasil belajar membuat macam-macam kampuh siswa kelas X SMK Negeri 1 Stabat. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari perencanaan (planning), tindakan (action), pengamatan (observation), dan refleksi yang telah dilakukan dalam satu siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X BB2 yang berjumlah 35 orang sedangkan objek penelitian ini adalah peningkatan hasil belajar melalui media pembelajaran berupa video tutorial membuat macam-macam kampuh. Instrumen dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah lembar pengamatan atau observasi untuk mengamati hasil membuat macam-macam kampuh.

Hasil dari penelitian ini terlihat pada peningkatan nilai rata-rata siswa pada pre test yakni 77,61 dengan persentase ketuntasan 45,71% atau sekitar 16 siswa yang mencapai nilai tuntas menjadi 85,96 dengan persentase ketuntasan 94,29% atau sekitar 33 siswa yang mencapai nilai tuntas pada post test dari jumlah siswa 35 orang. Peningkatan yang signifikan juga terlihat pada masing-masing indikator yakni pada pre test membuat kampuh balik yang mencapai nilai tuntas sebanyak 18 siswa (51,43%) meningkat menjadi 27 siswa (77,14%) yang tuntas pada post test. Pada pre test membuat kampuh pipih yang mencapai nilai tuntas sebanyak 19 siswa (54,3%) meningkat menjadi 32 siswa (91,43%) yang tuntas pada post test. Pada pre test membuat kampuh sarung yang mencapai nilai tuntas sebanyak 15 siswa (42,86%) meningkat menjadi 30 siswa (85,71%) yang tuntas pada post test. Peningkatan hasil belajar tersebut didapat setelah menerapkan media berbasis video tutorial membuat macam-macam kampuh.

Kesimpulan penelitian adalah penerapan media berbasis video tutorial dapat meningkatkan hasil belajar membuat macam-macam kampuh dengan melihat nilai 77,61% pada pre test menjadi 85,96% pada post test. Persentase nilai ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I yakni 94, 29% siswa yang mencapai nilai tuntas dan hanya 5,71% siswa yang belum mencapai nilai tuntas, dengan demikian hasil belajar pada siklus I setelah diterapkannya media berbasis video tutorial dapat meningkatkan hasil belajar siswa secara signifikan yang sudah mencapai ketuntasan belajar secara klasikal yang diharapkan telah mealampaui 75%.

 

Kata Kunci : Media Video Tutorial, Hasil Belajar Membuat Kampuh


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta

________________. (2011). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi

Aksara

Arsyad, Azhar. (2007). Media Pembelajaran.Jakarta: Raja Grafindo Persada

Djamarah, Syaiful. (2005). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta

Dwijanti, dkk. (2013). Dasar Teknologi Menjahit II. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah kejuruan

Hamalik, Oemar. (2010). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara

Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia

Muliawan, Porrie. (2003). Dasar-Dasar Teknik Jahit Menjahit. Jakarta:

PT. BPK Gunung Mulia

Sanjaya, Wina. (2006). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses

Pendidikan. Jakarta: Kencana

Sadiman, Arief dkk. (2010). Media Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta:

Rineka Cipta

Sudjana, Nana. (2009). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung:

Remaja Rosda Karya

Susilana dan Riyana. (2009). Media Pembelajaran. Bandung: Wacana Prima

Syah, Muhibbin. (2003). Psikologi Belajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Tamimi, dkk. (1982). Trampil Memantas Diri dan Menjahit. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan

Trianto. (2009). Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktif.

Jakarta: Prestasi Pustaka

Wancik, M.H. (2000). Bina Busana. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama

Sumber Lain:

Nasution, Yuannisah. (2015). Pengembangan Video Pembelajaran Tutorial Tari Tiga Serangkai Melayu Sumut Pada Siswa Kelas XI SMA Ar Rahman Medan. Hasil Penelitian Tesis. Medan: Universitas Negeri Medan

http://www.google.com

http://tokokainflanel.com/kain-handuk/kain-tile

https://id.aliexpress.com/w/wholesale-cotton-flannel-cloth.html

http://4.bp.blogspot.com/sarung

https://katunlurix.files.wordpress.com


Article Metrics

Abstract view : 143 times
PDF - 692 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.