KONTRIBUSI PENGETAHUAN DASAR DESAIN TERHADAP HASIL PEMBUATAN SULAMAN FANTASI PADA SARUNG BANTAL KURSI SISWA KELAS XII TATA BUSANA SMK NEGERI 8 MEDAN

Ravika Sitio, Rasita Purba

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui tingkat pengetahuan mengenai dasar desain siswa, 2) Untuk mengetahui hasil belajar siswa membuat sulaman fantasi pada sarung bantal kursi 3) Untuk mengetahui seberapa besar  kontribusi pengetahuan dasar desain terhadap hasil pembuatan sulaman fantasi dengan menggunakan tiga macam tusuk hias dan tiga macam warna benang pada sarung bantal kursi. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 134 siswa kelas XII Tata Busana SMK Negeri 8 Medan. Sampel penelitian siswa kelas XII Tata Busana 32 siswa. Data dijaring menggunakan tes bentuk pilihan berganda untuk mengetahui tingkat pengetahuan dasar desain (X)  dan lembar pengamatan untuk mengetahui hasil pembuatan sulaman fantasi pada sarung bantal kursi (Y).

Ujicoba di lakukan di SMK Negeri 10 Medan kelas XII Tata Busana 1 dengan 30 responden. Untuk mengetahui validitas (kesahitan) instrumen penelitian ini diuji dengan menggunakan rumus korelasi product moment untuk tes dengan hasil penerimaan pada taraf signifikan 5 %. Hasil uji coba tes pengetahuan dasar desain didapat 34 soal valid dan 6 soal tidak valid sedangkan reliabilitas (keterandalan) instrumen penelitian ini diuji dengan rumus KR-20 yaitu sebesar 0,88 dengan kategori tinggi. Hasil analisis data yang diperoleh menunjukkan bahwa variabel pengetahuan dasar desain sebesar 71,8% dalam kategori cukup dan variabel hasil pembuatan sulaman fantasi pada sarung bantal kursi sebesar 68,75% dalam kategori cukup.

Selanjutnya uji hipotesis yang menggunakan rumus product moment didapat hasil rxy > rtabel (0,660 > 0,349) maka hipotesis penelitian diterima. Selanjutnya pengetahuan dasar desain memberikan kontribusi terhadap hasil pembuatan sulaman fantasi pada sarung bantal kursi sebesar 43,57%. Dengan demikian dinyatakan terdapat kontribusi pengetahuan dasar desain terhadap hasil pembuatan sulaman fantasi pada sarung bantal kursi siswa kelas XII Tata Busana SMK Negeri 8 Medan.

 

Kata Kunci: Kontribusi, Dasar Desain, Pembuatan Sulaman Fantasi, Sarung Bantal Kursi, Mata Pelajaran Pembuatan Hiasan.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2012. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.

, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Bumi Aksara.

Budiyono, dkk. 2008. Kriya Tekstil. Jakarta: Direktorat Pembinaan Menengah Kejuruan

Daryanto, H. 2008. Evalusi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Elvin Orisnawati. 2012. Kontribusi Pengetahuan Mengenai Kupnat Terhadap Hasil Karya Busana Pesta Pada Siswa Kelas XI Tata Busana SMK Negeri 10 Medan Tahun Ajaran 2011/2012. Medan: Fakultas Teknik Unimed.

Ernawati, dkk. 2008. Tata Busana Untuk SMK Jilid III. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan.

, dkk. 2008. Tata Busana Untuk SMK Jilid II. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan.

Hardisurya, Irma, dkk. 2010. Kamus Mode Indonesia. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Haryati, Mimin. 2010. Model Dan Teknik Penilaian Pada Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Gaung Persada Press.

Hestiworo, dkk. 2013. Dasar Desain I. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan.

Indira, Dhyani Ira dan Nunuk Trihadi. 2011. Kreasi Sulam Peniti Dan Aplikasi. Solo : PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri.

Pulukadang, Wasia Roesbani. 2009. Keterampilan Menghias Kain. Bandung : Angkasa.

Rachminingsih, Endang. 2011. Tas Dan Dompet Pesta Dengan Sulaman Bunga. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama.

Rika Haryati. 2016. Kontribusi Pengetahuan Dasar Pola Terhadap Kemampuan Merubah Pola Busana Pesta Siswa Kelas XII Tata Busana SMK Negeri 8 Medan. Medan: Fakultas Teknik Unimed.

Siburian, Tiur Asi. 2013. Metodologi Penelitian Manajemen Pendidikan. Jakarta: Halaman Moeka

Soemantri, Bambang. 2005. Corak Indah Sudut Dan Tepi. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama

Sudaryono. 2012. Dasar-Dasar Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sudijono, Anas. 2011. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers

Sudjana. 2002. Metode Statistika. Bandung : PT. Tarsito Bandung

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif,dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sukmadinata, Nana Syandih. 2008. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sumaryati,, Catri. 2013. Dasar Desain II. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan.

http:// Crabapplehill-studio.blogspot.co.id.embroidery/pillow /2012/07.html


Article Metrics

Abstract view : 160 times
PDF - 154 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.